Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Semarang, Banjir Bandang hingga 1 Meter Terjadi di Mangkang Wetan

Kompas.com - 22/11/2017, 21:27 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Wilayah Mangkang Wetan, Kota Semarang, tepatnya di Jalan Kauman RT 02 RW 03, mengalami banjir bandang pada Rabu (22/11/2017) sekitar pukul 17.30 WIB.

Banjir ini terjadi karena hujan deras yang turun seharian dan mengakibatkan Sungai Beringin meluap.

Tanggul setinggi lima meter dan rumah-rumah di sekitarnya pun hancur akibat banjir tersebut.

Seorang warga sekitar Sungai Beringin, Mualif, mengatakan, banjir melahap rumahnya sampai 1 meter dan menghancurkan sejumlah barang di dalam rumah.

Tim Sarda dan Satpol PP Kota Semarang saat ini sedang menuju ke lokasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Agus Harmunanto mengatakan, setidaknya 100 rumah terendam banjir setinggi 1 meter.

"Hanya di RW 3 yang terkena banjir bandang. Sekitar 100 rumah terdampak dan terendam banjir setinggi 1 meter," kata Agus.

Banjir bandang tersebut merendam dan merusak sejumlah rumah warga. Namun, Agus belum mendata jumlah rumah yang rusak. Sampai saat ini pun belum ditemukan adanya rumah yang rusak parah akibat banjir tersebut.

"Yang perlu dikhawatirkan itu kan banjir bandang membawa lumpur sehingga rumah-rumah warga pasti penuh lumpur setelah banjir bandang selesai," ucap dia.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Jangan Nekat Terobos Banjir

Dia menambahkan, banjir bandang itu terjadi karena tanggul Sungai Beringin jebol akibat kelebihan debit air setelah diguyur hujan dari siang tadi.

BPBD pun dibantu Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang memperbaiki sementara tanggul yang jebol dengan menggunakan karung berisi pasir.

"Kami juga sudah kirim logistik ke lokasi jika ada warga yang membutuhkan sehingga warga tetap merasa aman," ujar Agus.

Menurut rencana, BPBD dan masyarakat setempat akan membersihkan sisa lumpur di rumah-rumah warga pada Kamis (22/11/2017).

Sebelumnya diberitakan di Tribun Jateng bahwa banjir bandang terjadi di Jalan Kauman RT 02 RW 03 Mangkang Wetan, Kota Semarang, Rabu (22/11/2017) sore.

Hujan deras yang turun seharian ini mengakibatkan Sungai Beringin meluap dan terjadi banjir bandang. Banjir ini menghancurkan tanggul setinggi lima meter dan melahap rumah-rumah sekitar.

Kompas TV Banjir berhasil merendam 4 kecamatan dan 20 rumah rusak parah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com