Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermalam di Kebun Singkong, Seorang Warga Temukan Bayi Perempuan

Kompas.com - 22/11/2017, 19:02 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com – Seorang warga menemukan bayi berjenis kelamin perempuan di kebun singkong, Jalan Buper Waena, Kecamatan Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2017) sekitar pukul 04.00 WIT.

Bayi perempuan itu dalam keadaan sehat dan kali pertama ditemukan oleh Batera Kogoya (22) saat bermalam di kebun tersebut. Kini bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Abepura untuk mendapat perawatan medis.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menerangkan, dari hasil pemeriksaan beberapa saksi, sehari sebelum bayi itu ditemukan, seseorang keluar dari kebun singkong tersebut dan pergi dengan menggunakan sepeda motor sekitar pukul 23.00 WIT.

“Saat itu saksi mendengar adanya suara jeritan bayi menangis di kebun singkong samping rumah saksi, tetapi saksi tidak memedulikannya karena dalam keadaan mengantuk,” ungkap Kamal.

Sekitar pukul 04.00 WIT, lanjut Kamal, saksi kembali mendengar suara jeritan bayi menangis, kemudian membangunkan keluarganya untuk bersama-sama mengecek sumber suara jeritan tersebut.

“Saat itu saksi kaget dengan melihat sesosok bayi tanpa busana dan bersimpah darah yang terbaring di atas rerumputan. Selanjutnya bayi tersebut dibawa ke rumah saksi untuk dimandikan dan dilakukan pemotongan tali pusar oleh saksi dengan menggunakan pisau dapur,” kata Kamal.

Baca juga: Dokter Nilai Kelahiran 4 Bayi Kembar di Pangkal Pinang Kejadian Langka

Dia menambahkan, saat ini bayi tersebut sudah dibawa ke RS Abepura untuk mendapatkan perawatan medis.

“Jadi usai membersihkan bayi tersebut, saksi langsung membawanya ke RS Abepura. Saat ini bayi mungil itu dirawat di ruangan Infanwarmer untuk dihangatkan,” kata dia.

Untuk kasus penemuan bayi ini, lanjut Kamal, aparat kepolisian setempat sudah melakukan penyelidikan guna menangkap pelaku yang nekat membuang bayi tak berdosa itu.

Kompas TV Seorang bayi di Meksiko menjadi sorotan karena memiliki berat badan melebihi anak seusianya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com