Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Mobil Listrik dengan Modal Rp 70 Juta

Kompas.com - 21/11/2017, 11:32 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim mahasiswa Politeknik Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Surabaya berhasil merancang mobil listrik dengan modal Rp 70 juta. Mobil listrik yang diberi nama Aurora 01 itu dirakit selama sebulan di laboratorium Politeknik Untag Surabaya.

Senin (20/11/2017) kemarin, mobil listrik itu diujicoba kesiapannya untuk turun di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia di Politeknik Bandung 23-25 November mendatang.

Kata Direktur Politeknik Untag Surabaya, Gatut Budiono, mobil listrik dilengkapi fitur "Regenerative Breaking System" yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik ketika melakukan pengereman. Artinya, baterai akan terisi sewaktu pengemudi mengerem kendaraan.

"Teknologi ini sudah banyak diterapkan di mobil listrik premium seperti BMW i8 dan Toyota Supra HV-R Hybrid," katanya, Selasa (21/11/2017).

Mobil listrik yang memiliki kecepatan maksimal 70 kilometer per jam itu menggunakan sistem dua roda penggerak untuk mengoptimalkan kecepatan saat berada di tikungan.

"Selain itu menggunakan suspensi independen sehingga suspensi antara roda kanan dan kiri tidak saling mempengaruhi," jelasnya.

Baca juga : Jajal Mobil Listrik Buatan Itenas, Ridwan Kamil Ungkap Kelebihannya

Mobil Listrik buatan tim yang beranggotakan 5 mahasiswa Politeknik Untag Surabaya yakni, M Airul Ayyub, (Teknik Listrik Industri), M Ainur Roziq (Teknik Manufaktur), Ahmad Firdaus (Teknik Listrik Industri), Achmad Irwan (Teknik Listrik Industri), dan Ressa Ramadhita (Teknik Manufaktur) itu diharapkan tidak hanya sebagai prototipe saja, tetapi juga bisa diproduksi secara masal dan dipasarkan.

Baca juga : Si Elang, Mobil Listrik Ramah Lingkungan Karya Mahasiswa Untidar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com