Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPP PPP Minta Bupati Tasikmalaya Genjot Elektabilitas agar Dipilih Ridwan Kamil

Kompas.com - 21/11/2017, 08:15 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meminta Uu Ruzhanul Ulum terus meningkatkan popularitas dan elektabilitas jelang Pilkada Jawa Barat 2018 agar bisa terpilih menjadi pendamping Ridwa Kamil.

"PPP mendorong Pak Uu meningkatkan survei. Tidak ada halangan, tidak ada masalah. Tinggal bekerja keras lagi," kata Ketua Korwil Jabar, Banten, DKI DPP PPP, Nurhayati Monoarfa saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (20/11/2017).

Lebih lanjut Nurhayati menambahkan, PPP telah mantap memilih Uu sebagai calon wakil gubernur untuk dipasangkan dengan Ridwan Kamil yang menjadi calon gubernur. Keputusan ini sudah resmi sehingga partai tersebut tidak akan mengubahnya lagi.

"Tetap Pak Uu sebagai wakil gubernur Jawa Barat dan sudah di-SK-kan, sudah diumumkan ke publik. Kita tetap ke Pak Uu," ucap wanita yang juga anggota DPR RI tersebut.

DPP PPP optimistis bakal direstui oleh partai-partai koalisi sebagai bakal calon pendamping Ridwan Kamil. Pasalnya, berdasarkan beberapa hasil survei dan kapasitas, bupati Tasikmalaya itu dianggap berada di posisi yang paling baik di antara kandidat lainnya.

"Kita yakin Pak Uu surveinya lebih baik (untuk kategori wakil gubernur),” tuturnya.

Baca juga : Uu Ruzhanul Ulum Pede Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

Nurhayati menambahkan, dengan pengalaman Uu memimpin Kabupaten Tasikmalaya dengan program-programnya yang pro-desa, Uu dianggap sosok yang sangat melengkapi kebutuhan Ridwan Kamil.

"Pak Uu memegang kabupaten, desa-desa, dengan ada program gerbang (gerakan membangun) desa. Pak Ridwan Kamil ke perkotaan. Ini kombinasi sangat baik, saling melengkapi antara satu sama lain," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPP PPP Bidang Pemenangan, Dayat Hidayat mengatakan, partainya akan berupaya maksimal dalam mengusung Uu sebagai calon wakil gubernur.

"Pak Uu adalah kader terbaik PPP, dan wajib hukumnya kita pertahankan," ujarnya.

Dayat menambahkan, syarat-syarat dalam SK dukungan dari PPP untuk Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018 telah disepakati oleh kedua belah pihak.

"Beliau (Ridwan Kamil) sudah menandatangani kesepakatan untuk wakil gubernur dari PPP ada Pak Uu. Itu final, mengikat," akunya.

PPP, lanjut Dayat, akan serius dalam memperjuangkan kadernya tersebut agar bisa berdampingan dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018. Meski demikian, PPP tetap akan menghormati sikap Ridwan Kamil jika nantinya memilih kader partai lain yang tergabung dalam koalisi sebagai pendampingnya.

"Kewajiban partai untuk mempertahankan saudara Uu untuk mendampingi Ridwan Kamil. Salah satu pertimbangannya, Pak Uu hasil surveinya tertinggi," tandasnya.

Baca juga : Uu Ruzhanul Ulum Klaim Punya Misi dan Visi Sama dengan Ridwan Kamil

Persaingan memperebutkan posisi bakal calon wakil gubernur di antara partai koalisi pendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memang ketat. Selain Daniel Muttaqien yang diusung oleh Partai Golkar dan Syaiful Huda yang direkomendasikan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum juga masuk sebagai kandidat kuat pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com