Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 Usai, Terima Kasih Borobudur...

Kompas.com - 19/11/2017, 20:13 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Amir Sodikin

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di seputar candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah usai, Minggu (19/11/2017) siang. Event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, dan harian Kompas ini berlansung lancar, aman, dan nyaman.

Penyelenggara Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 menyampaikan rasa terima kasih kepada semua peserta, pendukung, dan khususnya masyarakat sekitar Borobudur. Masyarakat bahkan sukarela menyambut para pelari dengan aneka hiburan sampai logistik.

"Kami sungguh berterima kasih kepada masyarakat sekitar Borobudur, dari sebelum pelaksanaan kegiatan sampai hari-H Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017. Ada yang menyediakan minuman, buah-buahan untuk pelari sampai kesenian di sepanjang rute. Termasuk komunitas Magelang Runner yang turut jadi bagian kesuksesan BJBM 2017," kata Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, dalam jumpa pers usai kegiatan, Minggu siang.

Budiman mengungkapkan keberhasilan Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 bukan diraih dengan cara instan, namun melalui perjuangan yang panjang serta kerja tim yang solid. Seluruh komponen event bertaraf internasional sangat diperhatikan demi meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan semua pihak.

Baca juga : Pelari Kenya Dominasi Bank Jateng Borobudur Marathon 2017

Sejumlah pelari mengambil gelas berisi menuman pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobduur, Magelang, Jateng, Minggu (19/11). Sebanyak 8.754 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti BJBM yang meombakan tiga kategori Full Marathon (42 km), Half Marathon (21 km) dan 10 K (10 km) dengan total hadiah sebesar  Rp 2,3 miliar. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ama/17ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN Sejumlah pelari mengambil gelas berisi menuman pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobduur, Magelang, Jateng, Minggu (19/11). Sebanyak 8.754 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti BJBM yang meombakan tiga kategori Full Marathon (42 km), Half Marathon (21 km) dan 10 K (10 km) dengan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ama/17
"Ini hasil proses yang tidak instan. Bagaimana kami harus bernegosisasi, menyusun strategi komunikasi, memperhatikan setiap detail, bahkan sampai memastikan suhu air, hingga kami harus menjajal langsung seluruh rute Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang ditentukan," tandas Budiman.

Tidak hanya itu, pihaknya juga belajar dari berbagai penyelenggaraan maraton serupa di berbagai daerah dan negara. Tidak terkecuali belajar dari event yang terburuk sekalipun agar Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 bisa berlangsung lebih baik.

Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 sekaligus menjadi basis riset yang luar biasa, yang ke depan bisa dibaca oleh masyarakat seperti riset terkait pertumbuhan ekonomi masyarakat Borobudur selama penyelenggaraan event ini.

Para pemenang Full Marathon Closed Category pria pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (19/11/2017).KOMPAS.com/Ika Fitriana Para pemenang Full Marathon Closed Category pria pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (19/11/2017).
Budiman tidak memungkiri, ada banyak kendala yang harus dihadapi penyelenggara sebelum hari pelaksanaan, seperti adanya konflik kecil ketika berhadapan dengan birokrasi dan kepentingan lainnya. Akan tetapi, hal itu bisa dikompromikan dengan baik sehingga bisa diselesaikan dan Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 bisa berjalan lancar.

"Kami juga sempat stres, karena H-2 Borobudur hujan lebat, race basah. Tapi bersyukur Sabtu kering, Minggu dikasih hujan tapi justru membuat nyaman pelari," tuturnya.

Pada perlombaan maraton ini, peserta dibagi menjadi tiga kategori pilihan, yaitu 10 kilometer, half marathon (21K) dan full marathon (42K). Sebanyak 8.754 peserta hadir dan ikut bertanding dalam Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017. Selain dari Indonesia, peserta berasal dari 26 negara di dunia.

Baca juga : Dari Pinggir Jalan, Ibu-ibu Semangati Peserta Borobudur Marathon

Ibu Ida (Kerudung Putih) bersama Ibu Mun saat berdiri di pinggir jalan sembari berteriak memberi semangat para peserta  Bank Jateng Borobudur Marathon 2017  KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Ibu Ida (Kerudung Putih) bersama Ibu Mun saat berdiri di pinggir jalan sembari berteriak memberi semangat para peserta Bank Jateng Borobudur Marathon 2017
Meski hujan, tapi tidak mengurangi semangat serta antusiasme peserta untuk menyelesaikan lomba Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 hingga garis akhir di Taman Lumbini, Candi Borobudur.

Pada penyelenggaraan kali ini, peserta Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 melewati rute yang unik karena disuguhi pemandangan indah, melintasi pedesaan yang memungkinkan peserta untuk menyapa warga sekitar, hingga titik-titik pemandangan menarik untuk menjadi latar berswafoto.

Tidak berhenti di situ, sepanjang rute lari pun mendapat dukungan penuh dari warga setempat yang menyajikan berbagai kesenian daerah khas. Lebih dari 15 desa yang dilewati pelari Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 berpartisipasi dalam rangkaian ini.

Ibu Siti Waliqah saat membagikan air mineral ke peserta Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 secara gratis.KOMPAS.com /Wijaya Kusuma Ibu Siti Waliqah saat membagikan air mineral ke peserta Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 secara gratis.
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng, Rahadi Widayanto, menuturkan Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 menjadi momentum perusahaan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini untuk berpatisipasi mendukung keberadaan aset daerah berupa Candi Borobudur ini.

Menurutnya, penyelenggaanBank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 untuk ke-5 kalinya ini sekaligus menjadi tantangan yang harus dihadapi perusahaan dan tanggung jawab terhadap lingkungannya.

"Kerja yang baik, persiapan yang matang, akan menghasilkan hal yang luar biasa. Tahun depan kami harapkan Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 akan lebih baik lagi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com