Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Tak Surutkan Semangat Peserta Borobudur Marathon 2017

Kompas.com - 19/11/2017, 08:39 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Hujan mengguyur sebagian besar wilayah Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/11/2017) pagi. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat ribuan peserta Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 untuk menyelesaikan lomba hingga garis akhir.

Sebanyak 8.754 peserta dari berbagai daerah dan negara ikut serta dalam acara tahunan ini.

BJBM 2017 dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tepat pukul 05.00 WIB.

"Borobudur Marathon tahun ini berbeda dari tahun lalu, semua merasakan aman dan nyaman. Semoga jadi cerminan untuk event yang akan datang," kata Imam, di hadapan ribuan peserta.

Baca juga : Sebanyak 8.754 Peserta Ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2017

Imam berujar, kegiatan ini menjadi ajang menggelorakan semangat olahraga masyarakat. Oleh karena itu, dia mendorong agar kegiatan serupa lebih banyak diselenggarakan di setiap daerah di Indonesia.

Selain Imam, pembukaan BJBM 2017 juga dihadiri sejumlah pejabat antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Direktur Bank Jateng Supriyatno, CEO Harian Kompas Lilik Oetama, dan lainnya.

Baca juga : Ikut Borobudur Marathon 2017, Ganjar Ajak Istri Pemanasan

Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atiqoh Ganjar, pun ikut berlari membaur dengan ribuan peserta kategori 10 Kilometer.

Ribuan peserta Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 start pukul 05.00 WIB, di Candi Borobudur,  Magelang, Minggu (19/11/2017).KOMPAS.com/Ika Fitriana Ribuan peserta Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 start pukul 05.00 WIB, di Candi Borobudur, Magelang, Minggu (19/11/2017).
Sebelumnya, Ganjar mengatakan bahwa penyelenggaraan BJBM 2017 memang sudah dipersiapkan jauh lebih matang. Hal ini dari tidak lain karena evaluasi yang dilakukan dari tahun ke tahun.

Ganjar berharap, peserta tidak sekadar berlomba tetapi juga menikmati keindahan alam, keramahan warga, dan keunikan di seputar cagar budata dunia Borobudur.

Baca juga : Sebanyak 8.754 Peserta Ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2017

"Kita tidak hanya lari tapi juga piknik. Dari tahun ke tahun kita evaluasi terus, tentu agar lebih baik. Panitia mempersiapkan betul-betul Borobudur Marathon 2017 ini," ujarnya.

BJBM 2017 melombakan tiga kategori, yakni Full Marathon (42 kilometer), Half Marathon (21 kilometer) dan 10 kilometer.

Dari tiga kategori itu masih dibagi lagi dalam sub-kategori, yakni Full Marathon Open, Full Marathon Nasional, Half Marathon Open, Half Marathon Nasional, 10K Open, dan 10K Nasional.Total hadiah yang diperebutkan peserta mencapai Rp 2,3 miliar, untuk semua kategori.

Kompas TV Event olahraga akbar lari maraton akan digelar di seputaran Candi Borobudur Magelang pada Minggu 19 November 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com