Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mobil Freeport Dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata

Kompas.com - 18/11/2017, 15:27 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.comKelompok kriminal bersenjata membakar dua unit haul truck milik Freeport Indonesia di Lower Wanagok Grasberg, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (18/11/2017) pagi.

Sebelum insiden pembakaran itu, pelaku yang diperkirakan berjumlah 10 orang, terlebih dahulu melakukan penembakan beberapa kali di lokasi pembakaran, hingga akhirnya apparat kepolisian melihat adanya kepulan api muncul.

“Informasi dari salah seorang karyawan bagian geotech yang sempat melihat dua orang bersenjata yang diduga KKB sebelum dirinya memutar balik kendaraannya. Saat memutar kendaraannya sempat ditembaki, namun tidak mengenai kendaraan maupun pengemudinya,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli, Sabtu siang.

(Baca juga : Berita Foto: Evakuasi Warga yang Diisolasi Kelompok Kriminal di Papua)

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan, sebelum pembakaran Haul Truk, Kelompok KKB itu terlebih dahulu melakukan tembakan beberapa kali, selanjutnya melakukan aksi pembakaran tersebut.

“Jumlah mereka diperkirakan 10 orang, mereka berhasil membakar dua unit mobil haul truck milik Freeport,” katanya.

Atas insiden ini, lanjut Kamal, aparat langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

“Jadi saat kami melakukan evakuasi, kemungkinan mereka yang pukul mundur, lari dari Kampung Kimbeli dan Banti yang lari ke belakang kampung Banti kemudian naik ke atas (Wanagon, Grasberg) dan melakukan aksi itu,” ungkapnya.

Atas kejadian ini, sejumlah petugas dari Satgas Pengaman Objek Vital Nasional (pasukan amoel) yang terdiri dari gabungan personel TNI dan Polri langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan.

“Sampai saat ini penyelidikan masih berlangsung,” katanya.

 

Kompas TV Kondisi Tembagapura semakin memanas dalam satu hari dua penembakan terjadi di wilayah Tembagapura.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com