Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kahiyang-Bobby Akan Jalani 15 Tahap Prosesi, Semuanya Didampingi TNI

Kompas.com - 16/11/2017, 18:44 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution akan memulai tahap demi tahap prosesi adat Suku Mandailing pada Minggu (19/11/2017). Ada 15 tahap yang akan mereka lewati, mulai dari Manyambut Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, Haroan Boru, Mangalehen Marga To Boru Nadioli, dan Manalpokkon Lahanan (menyembelih kerbau).

Kemudian, Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang, Manortor, Mangalo-alo Mora, Manarimo Tumpak, Maralok-alok, Margalanggang, Mangulosi Bayopangoli Dohot Boru Nadioli, Tu Tapian Raya Bangunan Namartua, Mangupa Dohot Manabalkon Goar Matobang, Manortorkon Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, dan terakhir Manyoda Gordang Dohot Gondang.

"Setiap prosesinya, para pelaku adat akan didampingi prajurit TNI. Makanya, kemarin prajurit TNI dari Kodam melakukan geladi resik. Semuanya diperagakan dengan baik. Ada yang menjadi Kahiyang, ada yang jadi Bobby. Ada yang jadi raja-raja, sampai pemotongan kerbau," kata Sekretaris Acara Adat Ali Mukti Siregar, Kamis (16/11/2017).

"Mulainya tanggal 19 nanti, sianglah. Ada juga nanti dilakukan sidang adat yang artinya ada dari keluarga Nasution menemui keluarga Siregar. Marga Nasution ingin mengawinkan anaknya dengan orang lain, makanya diberikan marga, yaitu marga Siregar kepada Kahiyang,” sambung Ali.

Seluruh rangkaian pesta adat menjadi tanggung jawab Grup Kesenian Mandailing Gunung Kelabu Pakantan. Bakti Lubis, pemimpin grup, mengatakan, kedua mempelai akan melaksanakan adat Tapian Raya Namartua. Dalam prosesi itu, keduanya dimandikan.

"Keduanya akan dimandikan, dalam adat Mandailing disebut Tapian Raya Namartua. Seharusnya mereka dimandikan di Sungai Batanghari, tapi karena tidak memungkinkan maka tapiannya hanya dibawakan seorang datuk atau orang yang dituakan dari kampung," kata Bakti.

Baca juga: Menteri Darmin Nasution Akan Hadiri Acara Pemberian Marga Kahiyang

Sebelumnya, Erwan Rozali Nasution, paman Bobby, mengatakan, Presiden Joko Widodo dan keluarga besarnya dijadwalkan sampai ke Medan pada Minggu (19/11/2017).

"Kami sambut di rumah kami, kalau di adat Mandailing namanya Manyantani. Artinya, menerima menantu Bobby dan Kahiyang," ujar Erwan.

Penggunaan adat Mandailing dalam pesta lanjutan Kahiyang dan Bobby berdasarkan usulan Jokowi saat acara lamaran ke keluarga Kahiyang di Solo pada April 2017. Saat itu Jokowi menyarankan agar acara adat Mandailing dipertahankan.

“Usulan yang menarik, ada dua suku adat yang berbeda disatukan. Ini harus dilestarikan. Saya berharap semua acara berjalan lancar," kata Doli Sinomba Siregar, paman Bobby dari pihak ibu.

Doli menjelaskan, acara adat pemberian marga kepada Kahiyang akan berlangsung di rumahnya di Jalan STM Medan pada 21 November mendatang. Pada tanggal 24 dan 25 November, acara adat Mandailing digelar dengan berbagai prosesi adat.

Prosesi mulai dari manortor sepanjang malam, margondang, dan pemberian gelar nama raja kepada kedua mempelai di rumah orangtua Bobby di perumahan elite Bukit Hijau Regency, Kompleks Taman Setiabudi Indah, Medan. Tahap terakhir pada 26 November, yaitu resepsi.

Kompas TV Jelang pesta pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, keluarga Bobby menggelar rapat persiapan dengan TNI – Polri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com