Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Yong Tat 9 Karam, Satu ABK Lagi Ditemukan Meninggal

Kompas.com - 13/11/2017, 20:20 WIB
Kontributor Kompas TV Babel, Rahmatul Fauza

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Satu orang lagi anak buah kapal (ABK) tunda Yong Tat 9, yang karam di perairan Pongok, Kepulauan Bangka Belitung, pada Jumat (10/11/2017), ditemukan meninggal dunia pada Senin (13/11/2017) siang.

Korban ditemukan di 15,9 mil laut dari garis Pantai Sadai, di kedalaman 52 meter, tepatnya di bangkai kapal tunda tersebut. Saat ini, empat orang korban lainnya belum ditemukan.

Menurut Kasi Ops Kantor SAR Pangkal Pinang, Kornelis, upaya pencarian ABK Yong Tat pada hari keempat ini sempat terkendala cuaca, yaitu gelombang setinggi dua hingga tiga meter.

"Setelah empat orang penyelam melakukan penyelaman pada pukul 12.00 siang, korban yang belum diketahui identitasnya ini ditemukan dan langsung dievakuasi ke RSUD Toboali untuk dilakukan otopsi," ujar Kornelis.

Ada sembilan kapal yang dikerahkan untuk pencarian ABK kapal tersebut, yaitu dua kapal milik Basarnas, satu kapal milik Bakamla, satu kapal milik TNI AL, lima kapal milik Pol Air Polda Babel, dan satu kapal nelayan.

Baca juga: Satu ABK Kapal Yong Tat 9 Ditemukan Tewas, Lima Lainnya Masih Dicari

Sebelumnya diberitakan, kapal Yong Tat 9 yang berlayar menuju Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang, tengah menarik tongkang kosong seusai kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat lalu.

Namun, saat berada di perairan Pongok, kapal tersebut dihantam gelombang dan tenggelam, lalu enam ABK-nya pun hilang. Dua ABK telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Upaya pencarian terhadap empat ABK lainnya akan dilakukan pada esok hari.

Kompas TV Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara Sumatera Utara sudah mencapai sembilan puluh dua persen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com