Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua GP Ansor Dukung Ganjar Pranowo Dua Periode

Kompas.com - 12/11/2017, 20:13 WIB


PEKALONGAN, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Quomas atau Gus Yaqut mengisyaratkan mendukung kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada periode kedua.

Ia menyatakan, GP yang merupakan singkatan dari Ganjar Pranowo punya kepanjangan lain yakni 'Gubernur Pindo' (gubernur dua periode).

Ungkapan itu disampaikan Gus Yaqut saat membuka Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah di GPU Kajen, Kabupaten Pekalongan, Minggu (12/11/2017).

Gus Yaqut awalnya menyatakan sedikit kecewa karena Ganjar tidak jadi datang membuka Konferwil. Sebab, politikus PDI Perjuangan tengah mengikuti Tour de Borobudur.

Baca: Ajak Istri, Ganjar Ikut Gowes Tour de Borobudur


Padahal ia mengaku sangat berharap Gubernur Jawa Tengah hadir dalam acara tersebut. 

Pada Konferwil GP Ansor 2014 lalu, Ganjar hadir dan Ketua Umum GP Ansor saat itu Nusron Wahid menyebut bahwa GP Ansor memiliki kesamaan dengan Ganjar. Kesamaan tersebut yakni, di dalam Nahdlatul Ulama (NU) ada GP yang kepanjangannya adalah Gerakan Pemuda, sementara untuk di Ganjar yaitu Ganjar Pranowo (GP).

“Pak Nusron mengatakan kalau di Ansor GP adalah Gerakan Pemuda ,kalau Pak Ganjar itu Ganjar Pranowo. Sebenarnya kalau dia (Ganjar) hadir maka akan Saya ganti menjadi GP yang lain yaitu ‘Gubernur Pindo’. Tapi karena tidak hadir, maka akan Saya tayangkan di episode berikutnya saja,” kata Gus Yaqut yang membuat suasana Konferwil makin meriah.

Insiden Kericuhan yang pernah terjadi antara massa dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan gabungan ormas GP Ansor dan Banser di bundaran patung Jenderal Soedirman atau tepat di depan Mapolres Purbalingga, Sabtu (9/4/2017) silam.KOMPAS.com/Iqbal Fahmi Insiden Kericuhan yang pernah terjadi antara massa dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan gabungan ormas GP Ansor dan Banser di bundaran patung Jenderal Soedirman atau tepat di depan Mapolres Purbalingga, Sabtu (9/4/2017) silam.


Yaqut menekankan mengenai pentingnya para kader Ansor dan Banser untuk terus teguh menjaga NKRI dari ideologi-ideologi radikal. Bahkan, dikatakan, Ansor dan Banser harus terus mengawasi setiap pergerakan kelompok-kelompok anti-Pancasila itu.

“Ini tantangan kita. Mereka terus bergerak, semua momentum dimanfaatkan. Maka Konferwil ini sebagai ajang untuk menyiapkan melawan mereka. Kita enggak boleh lengah, enggak boleh terlena, kita harus terus mengawasi mereka. Sekali kita lengah, maka habislah negara kita,” tandasnya.

Agenda Konferwil ini selain mengesahkan program yang disusun dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) beberapa waktu lalu di Temanggung, juga akan menggelar sidang pleno pemilihan Ketua Ansor Jawa Tengah periode 2017-2021.

Gus Yaqut memuji GP Ansor Jawa Tengah sebagai pengurus terbaik se-Indonesia. Pengkaderan dan kegiatannya tanpa putus sehingga mampu menghidupkan 60 persen Pengurus Anak Cabang (PAC) di seluruh Jawa Tengah.

“Dari 34 Pengurus Wilayah Ansor se-Indoensia, Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Tengah adalah yang terbaik. Saya berharap kepengurusan terpilih mendatang bisa menghidupkan PAC hingga 100 persen,” katanya.(KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ ANDI KAPRABOWO)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com