Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Solo Antre Dapatkan Jenang Sumsum Syukuran Kahiyang-Bobby

Kompas.com - 12/11/2017, 11:33 WIB
Labib Zamani

Penulis


SOLO, KOMPAS.com -
Pengunjung car free day (CFD) Solo, Jawa Tengah, antre di depan halte Bus Batik Solo Trans (BST) untuk mendapatkan jenang sumsum, Minggu (12/11/2017).

Jenang sumsum tersebut merupakan wujud syukur pasca-pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, yang dibagikan Tim Tuty Adib Designer dan masyarakat di Solo.

Ada ratusan takir (wadah atau tempat makanan dari daun pisan) jenang sumsum yang dibagikan gratis untuk warga. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut antre untuk dapat makanan tradisional Jawa itu.

Jenang sumsum tersebut bermakna kultural dalam masyarakat. Jenang yang terbuat dari tepung beras dan taburan juruh gula jawa itu dapat mengembalikan stamina seseorang setelah lelah menyelenggarakan hajat atau perayaan adat, seperti pernikahan.

Baca juga : Makna dari Tata Cara Pernikahan Adat Jawa Pakem Kahiyang-Bobby

Seorang warga, Yaningsih (28), mengatakan datang pagi-pagi untuk mendapatkan satu takir jenang sumsum tersebut. Meskipun hanya satu, dirinya bersyukur bisa menikmati dan mencicipinya.

"Apalagi jenang ini kan syukuran setelah Pak Jokowi mantu. Meski hanya kebagian satu takir jenang bagi saya sudah cukup. Masih banyak warga lain yang tidak kebagian karena habis," kata Yaningsih, kepada Kompas.com.

Koordinator acara, Tuty Adib, mengungkapkan bahwa jenang sumsum dalam budaya Jawa merupakan simbol untuk mengembalikan energi setelah melangsungkan pernikahan.

"Kami bersama komponen masyarakat lainnya membagikan secara gratis jenang sumsum. Dari kami ada ratusan bungkus jenang sumsum yang dibagikan kepada masyarakat," ujar perempuan perancang busana pernikahan putri Presiden Jokowi.

Kompas TV Jelang pesta pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, keluarga Bobby menggelar rapat persiapan dengan TNI – Polri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com