Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Terpincut "Aserehe"

Kompas.com - 09/11/2017, 19:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat kebingungan saat menghadiri acara Festival Kekayaan Pangan Jawa Tengah yang digelar DPD PDIP Jateng di Panti Marhaen, di Jalan Brigjen Katamso Kota Semarang, Kamis (9/11/2017). Bagaimana tidak, setiap perwakilan daerah selalu meminta Ganjar untuk melihat sekaligus mencicipi aneka olahan makanan dari ikan tersebut.

Dengan ramah, Ganjar yang datang mengenakan kemeja merah mendatangi satu per satu gerai yang ada. Tanpa canggung, suami Siti Atiqoh Supriyanti ini langsung mencicipi aneka makanan dan minuman yang disajikan. "Ini enak sekali, mantap. Ini terbuat dari ikan ya," kata Ganjar saat mencicipi penganan bola-bola ikan yang dibuat salah satu gerai peserta.

Ganjar juga meminum aneka minuman rempah yang disajikan di itu. Ia bahkan menghabiskan satu gelas dan langsung mengacungkan jempolnya. "Ini minuman apa? Rasanya enak sekali," tanya Ganjar.

Penunggu gerai bernama Rahayu langsung menjawab bahwa minuman tersebut dinamakan "aserehe". Minuman itu adalah minuman kesehatan asal Kabupaten Cilacap. "Aserehe itu singkatan dari asem, jahe, sere hee enaknya," jawab Rahayu disambut tawa Sang Gubernur.

Usai acara, Ganjar mengaku jika kreativitas masyarakat Jawa Tengah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu buktinya dengan adanya Festival Kekayaan Pangan Jawa Tengah yang digagas DPD PDIP Jateng ini.

"Dari sini kita bisa melihat bagaimana kreasi olahan makanan dan minuman masyarakat Jateng sangat tinggi. Mereka mampu menghasilkan aneka makanan yang tidak biasa, meskipun bahan yang digunakan biasa saja," kata dia.

Ganjar mencontohkan, dalam pengolahan, ternyata ikan dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Tidak monoton digoreng, namun dapat dibuat seperti bola-bola ikan dan hasil kreasi lainnya.

"Jadi anak yang tidak suka makan ikan, bisa tetap makan ikan dengan kreasi yang menarik dari bahan baku ikan segar semacam ini," terangnya.

Melihat banyaknya hasil kreasi makanan dan minuman Jawa Tengah, Ganjar menyampaikan bahwa perlu adanya festival khusus minuman dan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Menurutnya, festival itu dirasa penting agar kreativitas masyarakat semakin meningkat. "Harus ada (festival), biar semakin mantap," pungkasnya.

Festival Kekayaan Pangan Jawa Tengah tersebut diselenggarakan oleh DPD PDIP Jateng dalam rangka acara Rapat Konsolidasi Tiga Pilar Partai. Selain Ganjar, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ANDI KAPRABOWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com