Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, Veteran Perang Gratis Naik Kereta Api

Kompas.com - 09/11/2017, 14:44 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggratiskan tiket kereta kepada semua anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Tiket gratis ini khusus diberikan PT KAI untuk semua relasi, baik kereta api bersubsidi (public service obligation/PSO) maupun kereta api komersial, pada Jumat (10/11/2017) mulai pukul 00.01 WIB.

“Pelayanan spesial ini hanya dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan di semua stasiun pelayanan pembelian tiket dengan memberikan fotokopi kartu anggota LVRI yang bersangkutan,” kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendri Wintoko, melalui rilisnya, Kamis (9/11/2017).

Anggota LVRI yang telanjur membeli tiket kereta api kelas apa pun pada tanggal tersebut dengan harga normal dapat mengambil pengembalian bea 100 persen di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan.

Baca juga: Hari Pahlawan, Veteran Upacara Hingga Nobar Merah Putih Memanggil

 

Caranya, jelas Ixfan, dengan menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun paling lambat tiga hari setelah jadwal kedatangan KA yang ditumpangi.

“Sebagai catatan, tiket tersebut dapat dibatalkan, tetapi tidak dapat diubah jadwal (reschedule), dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya,” ujar dia.

Tak hanya pada Hari Pahlawan, diskon atau tarif reduksi juga tetap diberikan PT KAI untuk semua anggota LVRI. Pada hari-hari normal, yakni Selasa sampai Kamis, para veteran pejuang kemerdekaan hanya dikenai bea 50 persen dari tarif normal.

Sementara pada Jumat hingga Senin, hari besar atau hari libur nasional, dan hari ramai yang ditetapkan perusahaan, anggota LVRI diberikan diskon sebesar 30 persen.

“Semua tarif reduksi yang diberikan merupakan bentuk penghargaan perusahaan kepada jasa para pahlawan. Syaratnya hanya menunjukkan kartu tanda anggota LVRI asli ketika membeli tiket dan boarding,” ucap Ixfan.

Kompas TV Pemerintah Surabaya menggelar Parade Surabaya Juang 2017 untuk menyambut hari pahlawan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com