Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Zebra di Depan Sekolah Diprotes Guru dan Orangtua Siswa

Kompas.com - 09/11/2017, 11:42 WIB
Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, gencar melakukan Operasi Zebra Siamasei 2017 di jalan protokol dan di sekitar sekolah. Namun, operasi itu mendapat protes dari warga dan pihak sekolah.

Para guru dan orangtua murid merasa dirugikan lantaran proses belajar-mengajar di sekolah terganggu razia yang dilakukan di depan sekolah. Menurut mereka, seharusnya petugas melakukan razia saat jam pulang sekolah, bukan saat jam belajar siswa.

Suratman, orangtua siswa di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, misalnya, keberatan dengan Operasi Zebra yang digelar di depan gerbang sekolah sekitar pukul 06.30 Wita. Saat itu siswa berdatangan ke sekolah karena menjelang dimulainya jam pelajaran. 

“Ini jelas mengganggu pelajaran siswa. Lokasi razianya di depan sekolah, otomatis mengganggu konsentrasi siswa saat jam pelajaran. Apa tidak sebaiknya dilakukan saat jam pulang sekolah agar semuanya bisa berjalan,” ucap Suratman.

Baca juga: Operasi Zebra di Mamuju, Anggota Polisi Terjaring Razia

Hal yang sama diungkapkan Wakasek SMAN 1 Wonomulyo Polewali Mandar Aris Munandar. Dia merasa tidak nyaman dengan Operasi Zebra yang digelar di depan gerbang sekolahnya karena mengalihkan fokus perhatian siswa.

Menurut Aris, para siswa jadi berkeliaran di luar kelas untuk menyaksikan razia di depan sekolah saat jam pelajaran. Apalagi jika ada siswa yang sepeda motornya ditahan petugas karena masalah SIM dan STNK. Siswa itu jadi tidak bisa berkonsentrasi belajar.

Terlebih lagi, saat ini siswa tengah mempersiapkan diri menghadapi ujian. Aris berharap seharusnya petugas melakukan razia pada saat jam pulang sekolah.

“Razianya digelar di depan sekolah, otomatis terganggu. Perhatian siswa tertuju kepada petugas yang menggelar operasi di depan sekolah. Sebaiknya dilakukan pada jam pulang sekolah agar tidak mengorbankan jam pelajaran siswa,” ujar Aris.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Polewali Mandar AKP Paulus Patibang menyatakan, pihaknya memang sedang melakukan operasi ke sekolah-sekolah, selain di jalan-jalan protokol terhadap pengendara umum.

Sebab, kebanyakan pelanggaran lalu lintas dilakukan anak sekolah, misalnya ketidaklengkapan surat-surat dan bodi standar kendaraan, tidak memakai helm, dan menggunakan knalpot bising.

Razia tidak hanya kami lakukan kepada masyarakat umum, tetapi juga siswa-siswa sekolah yang melakukan banyak pelanggaran. Semua yang kedapatan melanggar ditilang,” kata AKP Paulus Patibang.

Kompas TV Subdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya dan Satwil Lantas Polres Jakarta Timur menggelar Operasi Zebra di kawasan Kampung Melayu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com