Pilkada Kota Bandung, NasDem Pilih Yossi Irianto daripada Ricky Subagja

Kompas.com - 09/11/2017, 09:29 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto. Dokumentasi Humas Pemkot BandungSekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto.
|
EditorErwin Hutapea

 

BANDUNG, KOMPAS.com - DPD Partai NasDem Kota Bandung mengisyaratkan memberi dukungan untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto pada Pilkada Kota Bandung 2018.

Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DPD Nasdem Kota Bandung Iwan Suhermawan mengatakan, sebelumnya pihak partai telah mengusulkan tiga nama calon wali kota Bandung.

Ketiga nama itu yakni Yossi Irianto, mantan pebulu tangkis Ricky Ahmad Subagdja, dan Arfi Rafnialdi. Namun, dari hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Yossi menduduki peringat teratas. 

"Yossi Irianto mengantongi nilai elektabilitas 19,03 persen dengan nilai fit and proper test 798,75. Ricky Achmad Subagdja menempati peringkat kedua dengan nilai elektabilitas 17,07 persen dengan catatan tak mengikuti fit and proper test," ujar Iwan, Rabu (8/11/2017).

Baca juga: NasDem Persiapkan Konvensi Calon Pendamping Ridwan Kamil

Sementara itu, Arfi Rafnialdi menempati posisi ketiga dengan nilai elektabilitas 5,30 persen dan nilai fit and proper test 733,75. Disusul nama lainnya, yaitu Fiki Satari dengan nilai 4,00 persen dan 738,8, serta Priana Wirasaputra nilai 1,50 persen dan 648,75.

Iwan pun berharap pengurus partai pusat segera mengeluarkan surat keputusan dukungan untuk Yossi. Sebab, kata Iwan, perlu komunikasi yang panjang untuk menentukan arah koalisi ke depan.

"Kami harap bisa secepatnya diumumkan karena sekarang sudah masuk minggu kedua bulan 11, sementara Januari 2017 mendaftar. Komunikasi politik harus dibangun sejak jauh-jauh hari, jadi surat rekomendasi harus keluar secepatnya," ucap dia.

Iwan menjelaskan, dukungan NasDem terhadap Yossi didasarkan pada kemampuannya dalam menata birokrasi di Kota Bandung.

"Kota Bandung merupakan kota besar, heterogen, dan berat. Butuh pemimpin dengan kapabilitas yang tinggi sehingga pasangan pemimpin harus mengerti birokrasi dan punya nilai-nilai agamis," jelas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X