Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Kota Bandung, NasDem Pilih Yossi Irianto daripada Ricky Subagja

Kompas.com - 09/11/2017, 09:29 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

 

BANDUNG, KOMPAS.com - DPD Partai NasDem Kota Bandung mengisyaratkan memberi dukungan untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto pada Pilkada Kota Bandung 2018.

Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DPD Nasdem Kota Bandung Iwan Suhermawan mengatakan, sebelumnya pihak partai telah mengusulkan tiga nama calon wali kota Bandung.

Ketiga nama itu yakni Yossi Irianto, mantan pebulu tangkis Ricky Ahmad Subagdja, dan Arfi Rafnialdi. Namun, dari hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Yossi menduduki peringat teratas. 

"Yossi Irianto mengantongi nilai elektabilitas 19,03 persen dengan nilai fit and proper test 798,75. Ricky Achmad Subagdja menempati peringkat kedua dengan nilai elektabilitas 17,07 persen dengan catatan tak mengikuti fit and proper test," ujar Iwan, Rabu (8/11/2017).

Baca juga: NasDem Persiapkan Konvensi Calon Pendamping Ridwan Kamil

Sementara itu, Arfi Rafnialdi menempati posisi ketiga dengan nilai elektabilitas 5,30 persen dan nilai fit and proper test 733,75. Disusul nama lainnya, yaitu Fiki Satari dengan nilai 4,00 persen dan 738,8, serta Priana Wirasaputra nilai 1,50 persen dan 648,75.

Iwan pun berharap pengurus partai pusat segera mengeluarkan surat keputusan dukungan untuk Yossi. Sebab, kata Iwan, perlu komunikasi yang panjang untuk menentukan arah koalisi ke depan.

"Kami harap bisa secepatnya diumumkan karena sekarang sudah masuk minggu kedua bulan 11, sementara Januari 2017 mendaftar. Komunikasi politik harus dibangun sejak jauh-jauh hari, jadi surat rekomendasi harus keluar secepatnya," ucap dia.

Iwan menjelaskan, dukungan NasDem terhadap Yossi didasarkan pada kemampuannya dalam menata birokrasi di Kota Bandung.

"Kota Bandung merupakan kota besar, heterogen, dan berat. Butuh pemimpin dengan kapabilitas yang tinggi sehingga pasangan pemimpin harus mengerti birokrasi dan punya nilai-nilai agamis," jelas dia.

Kompas TV Dedi Mulyadi adalah ketua DPD Golkar Purwakarta. Namun, untuk Pilgub Jabar, DPP Golkar mendukung Ridwan Kamil.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com