Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Media, Emil Dardak Wakil Potensial Khofifah di Pilkada Jatim

Kompas.com - 07/11/2017, 19:54 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Lembaga Konsultan Politik IT Research Politic Consultant (IPOL) Indonesia mencermati respons media terhadap bursa calon pendamping Khofifah Indar Parawansah di Pilkada Jatim 2018.

Riset menggunakan pendekatan Teknologi Politik Big Data Ipol Media Monitoring yang mampu melacak tren pemberitaan media berdasarkan index, sentimen, influencer, passion, tone, dan sebaran pemberitaan di berbagai daerah.

"Riset kami memantau pemberitaan dan pergerakan isu dan manuver politik terkait Pilgub Jatim di 2.550 media online dan 190-an media massa cetak, serta obrolan di sosial media," ujar CEO IPOL Indonesia, Petrus Hariyanto, Selasa (7/11/2017).

Hasil dari riset, hingga Senin (6/11/2017) pukul 24.00 WIB, sambung Petrus, memosisikan tiga figur teratas, yakni Emil Elistyanto Dardak (Bupati Trenggalek) dengan probabilitas 38,9 persen. 

(Baca juga : Emil Dardak Minta Baliho Bergambar Khofifah-Emil Diturunkan)

Lalu Ipong Muchlisoni (Bupati Ponorogo) di peringkat kedua dengan poin 37,6 persen. Sementara nama terakhir adalah Hasan Aminuddin dengan probabilitas 33,7 persen.

"Sentimen positif ini setidaknya menjadi indikator bahwa publik banyak mengharap Emil Dardak menjadi wakil Khofifah," ujarnya.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto DardakSlamet Widodo Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak
Dari analisa IPol dalam sebaran pemberitaan, pilihan pada Emil cenderung dianggap sosok keterwakilan poros mataraman.

Emil mencerminkan sosok kepala daerah yang populer di pemilih milenial, profesional, cerdas, simbol cawagub yang banyak disukai kaum hawa dan banyak diterima kalangan.

(Baca juga : Cari Pendamping Khofifah, Golkar Jalin Komunikasi dengan Emil Dardak)

Sentimen Analisis yg dilakukan IPOL, sambung dia, melalui metode news analytic dengan pendekatan konten berdasakan parameter kecenderungan pemberitaan.

Pada Pilkada Serentak 2018, lembaganya memonitor dan memetakan digital konten yang berserakan di dunia maya. Hasilnya dirangkum dalam dashboard layanan digital. 

Kompas TV Bupati Trenggalek Emil Dardak banyak disebut jadi pendamping yang pas untuk Khofifah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com