Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Anak Surati Presiden, dari Minta Sepeda, Kambing, Hingga Doakan Jokowi

Kompas.com - 03/11/2017, 15:19 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 anak–anak sekolah dasar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berkumpul bersama dan menulis surat untuk Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Mereka mendapatkan kesempatan menyampaikan unek-unek, permintaan, harapan, doa, kepada Jokowi dalam selembar kertas. Sambil duduk di antara rimbun pepohonan mereka terlihat serius menulis surat. Hasilnya, 1.000 anak ini menyurati presiden dengan polosnya.

Ada yang meminta sepeda, kambing, beasiswa, bertemu Jokowi, orangtua mereka dinaikkan haji hingga perbaikan sekolah yang lapuk karena di makan usia. Ada pula anak yang mendoakan Jokowi dalam suratnya. 

“Saya menulis surat kepada Jokowi agar minuman keras dan narkoba di daerah saya diberantas,” tutur Ilham, salah satu peserta seusai mengumpulkan surat mereka ke panitia, Kamis (2/11/2017).

(Baca juga : Lima Guru Besar Tulis Surat untuk Jokowi, Ini Isinya)

Tidak kurang dari 1.000 anak menulis surat untuk Presiden Jokowi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dalam suratnya mereka meminta sepeda, kambing, beasiswa hingga mendoakan Jokowi. KOMPAS.com/Junaedi Tidak kurang dari 1.000 anak menulis surat untuk Presiden Jokowi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dalam suratnya mereka meminta sepeda, kambing, beasiswa hingga mendoakan Jokowi.
Kegiatan ini bernama "Gerakan Ayo Menulis". Selain untuk menumpahkan harapan dan keinginan pada Jokowi, gerakan ini untuk melatih anak-anak mencintai literasi dengan berlatih menulis dan membaca sejak dini. 

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi pengalaman bernilai dan menjadi tradisi bagi anak-anak dalam menulis tangan, baik di sekolah ataupun rumah. 

Gerakan Ayo Menulis digagas oleh sebuah produsen alat tulis bekerjasama dengan penggiat literasi di wilayah ini. 

"Anak-anak menumpahkan unek-unek mereka kepada Presiden Jokowi sebagai tumpuan harapan mereka,” ujar salah satu panitia, Nury Syibli. 

(Baca juga : Dirazia Petugas, Tukang Becak Ini Tulis Surat untuk Jokowi)

Usai menuliskan keinginan mereka pada jokowi, ribuan anak ini mengumpulkan surat-surat mereka dalam wadah berbentuk perahu sebagai simbol gerakan literasi di Polewali Mandar. Surat ini selanjutnya akan dibawa panitia kepada presiden jokowi.

Di akhir acara, semangat ribuan anak generasi penerus bangsa ini diapresiasi panitia dengan membagi-bagikan perlengakapan alat tulis-menulis dan tas yang telah disiapkan sponsor kegiatan. 

Kompas TV Sedikitnya seribu anak sekolah dasar ini menulis segala keinginan mereka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com