Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.453 Personel Gabungan Amankan Pernikahan Putri Presiden di Solo

Kompas.com - 03/11/2017, 11:30 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Sebanyak 5.453 personel gabungan siap mengamankan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, Rabu (8/11/2017).

Pernikahan Kahiyang dengan Bobby akan berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan, tim gabungan terdiri dari personel TNI Kodam IV/Diponegoro, TNI Angkatan Udara, TNI Angakatan Laut, Kepolisian Daerah Jateng.

Selain mengamankan pernikahan putri Presiden Jokowi, kata Tatang, mereka juga akan meleksanakan pengamanan terhadap para tamu, para duta besar, dan tamu VIP/VVIP lainnya.

"Tadi kami sudah cek di setiap subsatgas, mulai dari subsatgas di Bandara Adi Soemarmo, rute, subsatgas di kediaman Presiden Jokowi, subsatgas di tempat acara pernikahan, subsatgas tempat kunjungan Wapres Jusuf Kalla di ATMI, serta di lokasi kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sragen dan Boyolali," ucap Tatang seusai apel gelar pasukan pengamanan pernikahan putri Presiden di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11/2017).

Pangdam optimitis semua personel dan peralatan yang digunakan untuk mendukung pengamanan pernikahan putri Presiden Jokowi sudah siap. Sebab, sebelum apel dimulai, terlebih dahulu dilakukan pengecekan semua alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Tadi sudah saya cek untuk orang per orang. Tentang di mana dia berada. Apa tugasnya, apa yang harus dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan," katanya.

Baca juga: Cerita Teman Sekelas Kahiyang Semasa di SDN Mangkubumen Kidul

"Intinya sampai dengan hari ini kami sudah siap melaksanakan tugas pengamanan VIP/VVIP tersebut. Masih ada waktu beberapa hari ke depan. Kami akan terus melaksanakan latihan-latihan," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan antisipasi wilayah; sinkronisai antara satuan-satuan di ring 3, ring 2, dan ring 1; sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk membantu dalam rangka kegiatan hajatan Presiden Jokowi di Solo.

Kompas TV Kereta kencana untuk prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, siap digunakan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com