Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Kahiyang-Boby, Siraman Calon Pengantin Pria Digelar di Hotel Bintang Lima Alila

Kompas.com - 02/11/2017, 12:18 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Tak seperti Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi, calon menantunya, Muhammad Afif Bobby Nasution mengikuti tradisi siraman di hotel bintang lima Alila Kota Solo, Selasa (7/11/2017).

"Acara siraman calon pengantin pria sangat berbeda dengan siraman calon pengantin putri di kediaman Presiden Jokowi. Acaranya sangat sederhana," ujar pemandu acara siraman calon pengantin oria, Tauviq M Widodo kepada wartawan di Graha Saba Buana Solo, Rabu (2/11/2017) siang.

Tauviq mengatakan, acara akan dimulai dengan datangnya utusan yang membawa air dari keluarga Presiden Jokowi. Selanjutnya air itu akan dicampur oleh perias yang berada di Hotel Alila.

Setelah air dicampur, dibacakan doa lalu disiramkan pada kepala dan seluruh badan mempelai pria. Air yang disiramkan itu adalah campuran dari berbagai sumber mata air seperti yang digunakan untuk siraman calon mempelai putri.

Usai siraman, calon mempelai putra berwudlu dari air kendi pratolo. Wudlu itu akan diakhiri dengan memecahkan kendi pratolo.

"Usai pecah kendi dilanjutkan dengan pemotongan rambut calon mempelai pria. Potongan rambut nantinya diserahkan kepada keluarganya Presiden Jokowi," ungkap Tauviq.

Baca juga : Presiden Jokowi Akan Nikahkan Sendiri Kahiyang dengan Bobby

Potongan rambut milik Boby akan dicampur dengan potongan rambut Kahiyang. Potongan rambut kedua mempelai dicampur lalu dikubur

Untuk diketahui, prosesi siraman calon pengantin putri, Kahiyang Ayu (putri Presiden Jokowi) akan berlangsung di rumah pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa ( 7/11/2017) pagi.

Untuk siraman putri semata wayang mantan wali kota Solo dan gubernur DKI itu, keluarga Presiden Jokowi mengambil air dari tujuh sumber mata air yang berbeda lokasi.

Tujuh sumber air itu berasal dari Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, Rumah Pribadi di Sumber-Solo, Istana Negara dan Istana Bogor.

Baca juga : Siraman Kahiyang Bakal Gunakan 7 Sumber Mata Air

"Nanti sebelum siraman, beliau (Presiden Jokowi) akan mencampur air yang berasal dari tujuh mata air. Tujuh mata air dipilih karena memiliki makna yang baik," ujar pemandu acara siraman dan midodareni pernikahan Kahiyang Ayu dan Boby Nasution, Widarsih Suranto kepada wartawan di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 1/11/2017) siang.

Kompas TV Tiga Berita Terpopuler 31 Oktober 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com