Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siraman Kahiyang Bakal Gunakan 7 Sumber Mata Air

Kompas.com - 01/11/2017, 15:47 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Prosesi siraman Kahiyang Ayu,  putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan berlangsung di rumah pribadi Jokowi di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.  Untuk siraman putri semata wayang mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI itu,  akan menggunakan air dari tujuh sumber mata air.

Tujuh sumber air itu berasal dari Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, rumah pribadi di Sumber-Solo, Istana Negara dan Istana Bogor.

"Nanti sebelum siraman, beliau (Presiden Jokowi) akan mencampur air yang berasal dari tujuh mata air. Tujuh mata air pilih karena memiliki makna yang baik," ujar pemandu acara siraman dan midodareni pernikahan Kahiyang Ayu dan Boby Nasution, Widarsih Suranto kepada wartawan di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 1/11/2017) siang.

Menurut Widarsih, acara siraman digelar kediaman pribadi Jokowi di Solo, Selasa (7/11/217) sekitar pukul 09.00 WIB. Acara siraman pakemnya diambil dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Untuk siraman nanti sesepuh putri yang akan menyirami air tujuh mata air kepada Kahiyang.

Baca juga : Ini Enam Acara Penting Hajatan Pernikahan Kahiyang-Boby

"Untuk orang yang menyirami calon pengantin dicari pinisepuh putri (wanita yang dituakan) yang bisa menjadi tauladan dalam melayani suami, keluarga dan masyarakat. Jumlahnya tujuh atau sembilan," kata Widarsih.

Jumlah tujuh memiliki makna mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Bila sembilan mengingatkan pada tubuh manusia terdapat lubang dengan jumlah sembilan agar dijaga baik sehingga bisa melanggengkan rumah tangga hingga akhir hayat.

Widarsih mengatakan, ritual siraman menjadi tradisi calon pengantin orang jawa untuk meminta restu dan doa kepada orang tua kandung, saudara dan sesepuh. Selain itu siraman bermakna membersihkan jiwa calon mempelai putri dan pria ditempat yang berbeda.

"Setelah siraman diharapkan kedua mempelai dapat menapaki hidup baru dengan hati yang bersih dan bening. Dengan demikian mempelai dapat membangun keluarga yang sakinah, mawadah warrahmah," kata Widarsih.

Baca juga : Pandu Pernikahan Kahiyang-Boby, Presiden Jokowi Sewa 5 MC Asli Solo

Usai siraman, Presiden Jokowi akan menggendong Kahiyang sebagai tanda tanggung jawab terakhir sebagai orang tua kepada calon mempelai wanita. Pasalnya setelah menikah tanggung jawab Kahiyang akan diserahkan kepada suaminya.

Selanjutnya calon mempelai putri di kamar melanjutkan siram sendiri sampai bersih. Setelah itu dilanjutkan potong rambut agar supaya bersih. Potongan rambut itu nantinya disatukan dengan rambut calon mempelai pria lalu ditanam

"Penanaman rambut untuk membuang segala sukerto, molo, kotoran pada jiwa kedua mempelai. Lalu ditanam agar kedua mempelai dapat mengawali hal-hal baru yang baik, bersih dan penuh ibadah kepada Allah SWT," kata Widarsih.

Kompas TV Persiapan Pernikahan Kahiyang Secara Adat Batak Mandailing
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com