Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

155 Kades di Kabupaten Musi Rawas Dipilih dengan Sistem E-Voting

Kompas.com - 30/10/2017, 10:29 WIB
Firmansyah

Penulis

MUSI RAWAS, KOMPAS.com - Tidak kurang dari 155 kepala desa di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, sepanjang 2013 hingga 2016 berhasil dipilih menggunakan sistem pemilihan elektronik (e-voting).

"Saat ini Musi Rawas berhasil melakukan sistem pemilihan kepala desa menggunakan sistem pemilihan elektronik (e-voting), sistem ini diakui sangat efektif dan efesien," kata Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan dalam rilis pada Kompas.com, Senin (30/10/2017).

Sistem e-voting, menurutnya, praktis, hemat anggaran dan mengurangi kecurangan karena semua berbasis komputerisasi.

Kabupaten Musi Rawas merupakan daerah pertama di Indonesia yang menerapkan secara serentak pemilihan kepala berbasis elektronik dan tetap konsisten.

"Desember 2017 akan berlangsung pemilihan 16 kepala desa di Musi Rawas, sistemnya tetap menggunakan pemilihan elektronik," ungkap Hendra Gunawan.

Pengalaman Musi Rawas menggelar e-voting menghasilkan kesimpulan bahwa sistem pemilihan kepala desa berbasis elektronik meningkatkan angka partisipasi pemilih di atas 80 persen hingga 97 persen.

Hendra berharap, sistem pemilihan berbasis elektronik tingkat desa yang telah dilakukan di daerahnya dapat diadopsi oleh pemerintah dalam skala yang lebih besar seperti pemilihan umum kepala daerah bahkan presiden.

Baca juga : Mendagri: E-Voting Memungkinkan untuk Dilakukan

Konsistensi Kabupaten Musi Rawas menerapkan sistem pemilihan kepala desa berbasis elektronik mengantarkan daerah itu masuk ke 10 nominator Penilaian dan Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Innovative Government Award/IGA) tahun 2017 yang diselenggarakan Kemendagri.

"Kami bersaing dengan daerah lain yang tentu inovasi daerahnya juga luar biasa dalam upaya membangun daerah. Ini sudah menjadi kebahagiaan kami masyarakat Musi Rawas," tegas Hendra.

Selain e-voting, terdapat empat inovasi lain dari Musi Rawas yang masuk ke nominator tersebut, yakni inovasi bidang kependudukan. Musi Rawas memiliki dua program unggulan, yakni pelayanan administrasi bidang kependudukan dengan tagline "Jempol", kepanjangan dari pelayanan jemput bola. Masyarakat terbantu dengan kehadiran mobil pelayanan hingga ke pelosok desa.

Baca juga : E-Voting Jadi Acuan KPU untuk Memodernisasi Sistem Pemilu

Selanjutnya Inovasi bidang kesehatan melalui gerakan Mura Sempurna Sehat dan program Jamban Sehat. Terdapat pula bidang pelayanan publik, inovasi bidang keagamaan.

Kompas TV Kemarahan dipicu karena warga menerima informasi bupati dan wakilnya sedang di luar kota.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com