Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Kumai Siap Terima Korban Kebakaran Kapal Dharma Kencana II

Kompas.com - 29/10/2017, 20:59 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Penumpang Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II rute Semarang-Pontianak, yang terbakar di perairan Karimunjawa akan dievakuasi ke Pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Posko persiapan dan ruang penampungan para penumpang pun telah disiapkan.

Dalam pantauan Kompas.com, Minggu (29/10/2017) malam, kini salah satu gudang penampungan barang sementara di Pelabuhan Kumai, sudah dikemas menjadi ruang penampungan. Karpet dan alas tidur sementara telah dihampar di sana.

Di luar gudang, juga berdiri beberapa tenda, yang bertuliskan milik polisi dan Kementerian Sosial. Tenda-tenda itu juga dilengkapi tandu untuk mengangkut penumpang.

"Itu tenda walau punya polisi, akan menjadi posko keterwakilan KSOP, TNI, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD. Itu terwakilkan di sana semua," kata Kapolres Kotawaringin Barat, AKBP Pria Premos.

Baca juga : Kapal Terbakar di Karimunjawa, Seluruh Penumpang Selamat dan Dievakuasi Menuju Pelabuhan Kumai

Penumpang korban kebakaran kapal yang berjumlah 119 itu saat ini tengah dalam perjalanan menggunakan KM Kirana I, armada milik PT Dharma Lautan Utama juga.

Kapal Dharma Kencana II dikabarkan terbakar di perairan‎ Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017).Dokumentasi warga Kapal Dharma Kencana II dikabarkan terbakar di perairan‎ Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017).
Mereka diperkirakan merapat di Pelabuhan Kumai sekitar pukul 07.00 WIB, Senin (30/10/2017) pagi.

"Semua penumpang sudah dievakuasi dengan selamat ke kapal kita yang lain. Kebetulan kapal kita yang dipakai evakuasi itu tujuan Kumai," ujar Gede Maharta, Manajer Usaha PT Dharma Lautan Utama, yang langsung terbang ke Pangkalan Bun, dari Semarang untuk mengecek kesiapan evakuasi di Pelabuhan Kumai, Minggu (29/10/2017) petang.

"Kita juga akan menyiapkan perjalanan lanjutan mereka, termasuk seluruh akomodasi dan keperluan mereka," lanjut Gede.

Baca juga : Kapal Terbakar di Karimunjawa Tenggelam Beserta Puluhan Kendaraan Milik Penumpangnya

Ia menambahkan, penumpang dengan tujuan Pontianak akan diberangkatkan dengan bus. Sementara yang meminta kembali ke Semarang, akan diterbangkan lewat Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

"Kalau mereka mau menginap kita sediakan akomodasi. Kita juga beri uang saku Rp 1.000.000 di luar asuransi," ujar Gede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com