Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Kampung Warna-warni dan Tridi, Kini Ada Kampung Biru Arema

Kompas.com - 29/10/2017, 13:31 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Setelah sukses mengantarkan Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi menjadi destinasi wisata tematik, Pemerintah Kota Malang kini membangun kampung tematik baru, yakni Kampung Biru Arema.

Lokasinya persis bersebelahan dengan Kampung Warna-warni dan Tridi. Keberadaan kampung itu hanya dipisahkan oleh Jembatan Brantas di Jalan Gatot Subroto. Sementara itu, lokasinya sama-sama berada di bantaran aliran Sungai Brantas.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengatakan, ada sekitar 500 rumah warga yang rencananya akan dicat biru. Rumah-rumah itu berada di RW 4 dan RW 5 Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

"Jumlah rumah kurang lebih 500 rumah," katanya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2017).

(Baca juga: Jembatan Kaca Kampung Warna-warni Malang, Unik Seperti di China)

Sementara itu, sampai saat ini, masih ada sekitar 136 rumah yang sudah selesai dicat. Pengecatan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Saiful Bahri, salah satu warga, mengatakan, dirinya mendukung upaya Pemerintah Kota Malang menjadikan kampungnya sebagai Kampung Biru Arema. Sebab, dengan adanya pengecatan itu, kesan kumuh yang selama ini disandangkan kepada kampungnya akan hilang.

"Mungkin ini untuk menghilangkan image kumuh. Karena kita berada di daerah DAS Brantas," katanya.

Pihaknya juga mendukung jika nantinya banyak wisatawan yang berkunjung ke kampunya. Menurutnya, kunjungan wisatawan itu akan meningkatkan perekonomian warga.

 

 

Kompas TV Seperti apa ya?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com