Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Warga Cililin Jadi Korban Kebakaran Pabrik Mercon, 6 di Antaranya Meninggal

Kompas.com - 27/10/2017, 11:12 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 13 orang warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi korban dalam kebakaran pabrik petasan di Kompleks Pergudangan 99, Jalan Salembaran Jaya, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (26/10/2017) kemarin.

Kapolsek Cililin AKP Sutarman mengatakan, dari 13 korban, 12 di antaranya merupakan warga Kampung Cisitu RW 09 Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, KBB. Sementara satu orang tercatat sebagai warga Kampung Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. 

Dari 13 korban tersebut, enam orang sudah dipastikan meninggal dunia. Lima korban tewas berasal dari Kampung Cisitu dan satu korban tewas merupakan warga Mukapayung.

"Warga Desa Batulayang maupun Desa Mukapayung yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan petasan di Tanggerang sebanyak 13 orang. Kemudian yang meninggal ada enam, lima dari Desa Batulayang satu dari Mukapayung," ucap Sutarman saat ditemui di Mapolsek Cililin, Jumat (27/10/2017).

(Baca juga : Gedoran Pintu dan Jeritan Minta Tolong dari Dalam Pabrik Mercon)

Selain itu, sambung Sutarman, empat orang dinyatakan selamat dan tiga orang mengalami luka bakar. Saat ini, korban luka sedang menjalani perawatan di rumah sakit Jakarta.

"Yang luka bakar ringan dan sedang itu ada tiga, sekarang lagi dirawat di rumah sakit Jakarta. Yang selamat ada empat. Jadi jumlahnya 13 korban," ujarnya.

Kondisi gudang mercon yang terbakar di Tangerang, Jumat (27/10/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Kondisi gudang mercon yang terbakar di Tangerang, Jumat (27/10/2017).
Sutarman menambahkan, pihak keluarga korban telah diberangkatkan ke Jakarta untuk membawa pulang para korban. Kehadiran keluarga juga dibutuhkan untuk membantu polisi mengidentifikasi korban meninggal.

"Tadi malam kita bersama kepala desa, warga, dan keluarga korban meninggal berangkat ke Jakarta untuk membawa keluarga korban ke lokasi kejadian sekaligus ke RS Kramat Jati, Jakarta untuk mencocokkan identifikasi antara keluarga korban yang sedarah dan yang meninggal di sana," jelasnya.

(Baca juga : Detik-detik Meledak dan Terbakarnya Pabrik Mercon di Tangerang)

Adapun korban meninggal antara lain, Sunarya (28), Ade Rosita (20), Oleh (25), Gunawan (17), Ega (24). Semuanya merupakan warga Kampung Cisitu. Sementara satu korban tewas lainnya, Iyus Hermawan (25) berdomisili di Kampung Mukapayung. 

Kompas TV Akibat kejadian tersebut, 39 orang dikabarkan tewas. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com