Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembalikan Harta Korbannya, Motor Pelaku Jambret Ini Dibakar Warga

Kompas.com - 25/10/2017, 08:54 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Dihantui rasa bersalah usai menjabret korbannya, seorang pria di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan nekat mengembalikan harta yang dijambretnya kepada korban.

Naas, pelaku malah dikepung warga yang hendak menghakiminya. Namun aparat kepolisian tiba di lokasi tepat waktu dan mengevakuasi pelaku. Meski demikian, sepeda motor pelaku menjadi sasaran pembakaran warga.

Peristiwa yang terjadi Selasa (24/10/2017), pukul 21.00 wita, di Dusun Bontocinde, Desa Panakukang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini bermula saat WA (21) nekat mencari rumah korban yang dijambretnya, Halima (52).

Setelah bersusah payah mencari rumah korban berdasarkan alamat pada KTP di tas korban, WA akhirnya berhasil bertemu dengan korbannya pukul 18.00 Wita.

"Ada KTP-nya di tas, jadi saya cari rumahnya mau kembalikan barang sama sisa uang yang saya pakai karena saya merasa bersalah terus," tutur WA.

(Baca juga : Ingin Punya Ponsel, Dua Pelajar di Yogyakarta Menjambret)

Mengetahui tamu yang datang adalah pelaku yang menjabret dan hendak mengembalikan harta benda miliknya, Halima langsung berteriak histeris sebagai rasa syukur. Tas bersama sejumlah barang berharga telah kembali ke tangannya.

Pelaku sendiri telah menggunakan uang milik korban sejumlah Rp 5 juta dari total uang korban Rp 13 juta. Korban pun mengaku sangat berterima kasih kepada WA dan tidak berniat memperpanjang masalah ke ranah hukum.

"Saya sangat bersyukur. Padahal saya sudah putus asa pikirkan kejadian tersebut dan saya mau damai tidak memperpanjang masalah ini," ucap Halima.

Sejumlah tetangga korban yang mendengar peristiwa ini langsung berdatangan. Masalah lain muncul saat ratusan massa mengepung rumah korban dan hendak menghakimi WA meski telah mengembalikan hasil kejahatannya.

(Baca juga : Menjambret demi Bayar Cicilan Motor, Kuli Angkut Ditembak Polisi)

 

WA sendiri berhasil dievakuasi oleh gabungan Polsek Pallangga dan Polres Gowa pada pukul 21.00 wita. Meski demikian, sepeda motor Honda Beat milik WA menjadi sasaran pembakaran warga.

Di Mapolres Gowa, WA mengaku menjalankan aksinya seorang diri di Jalan Samratulangi, Makassar, Sabtu (21/10/2017). WA menggunakan Rp 5 juta untuk berbelanja dan menikmati liburan bersama kekasihnya

"Total uangnya ada Rp 13 juta dan yang saya pakai baru Rp 5 juta untuk jalan-jalan sama pacarku," kata WA.

WA kemudian diserahkan ke aparat Polsek Mamajang, Makassar, lantaran lokasi pencurian berada di wilayah hukum Kota Makassar.

"Pelaku mendatangi rumah korban untuk mengembalikan barang dan sisa uang yang dijambretnya. Tapi warga terlanjur tahu dan mengepung rumah korban hendak menghakimi pelaku. Namun anggota cepat ke sana untuk mengevakuasi pelaku" kata AKP Mangatas Tambunan, Kabag Humas Polres Gowa, Rabu (25/10/2017).

Kompas TV Kumpulan IRT Ini Ternyata Komplotan Penjambret
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com