Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Minta Status Gunung Agung Dievaluasi

Kompas.com - 24/10/2017, 21:41 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta agar status Gunung Agung untuk dievaluasi. Pasalnya sudah 32 hari gunung tersebut berstatus awas, tapi belum juga meletus. Hal ini dikatakan Luhut saat dihubungi Selasa (24/9/2017).

"Saya minta supaya dievaluasi gunung itu, hari Kamis kita ketrmu lagi, kqn sudah 32 hari," kata Luhut.

Menurut Luhut, biasanya dua minggu setelah status awas gunung sudah meletus. Pihaknya ingin tahu apakah Gunung Agung berbeda dibandingkan gunung lain atau seperti apa.

"Biasanya pengalaman sejarah dua minggu setelah awas erupsi, imi belum. Kan tidak mungkin dibiarin terus. Saya minta evaluasi, panggil ahlinya lihat lagi," kata Luhut.

Baca juga: Hari ke-28 Status Awas, Ini Kondisi Gunung Agung

Dia mengatakan,  data-data yang ada menunjukan adanya penurunan. Tetapi, status gunung belum juga dievaluasi atau diturunkan.  Karenanya dia berharap ahli vulkanologis bisa lebih mencermati data-data Gunung Agung.

"Baca datanya lebih bagus karena semuanya menurun, teknisnya nanti mereka la," ujar Luhut.

Pada kesempatan ini Luhut juga mengatakan, permintaan hanya sebatas evaluasi status Gunung Agung, bukan meminta pengungsi kembali ke rumah masing-masing.

Sementara itu kasubdit mitigasi Gunung Api PVMBG wilayah timur Devi Kamil mengatakan, pihaknya terus melakukan pengamatan dan evaluasi Gunung Agung tiap hari. Karena lakukan tiap hari bukan berarti lihat status dari berbagai macam parameter.

"Kalau memang ada yang turun misalnya gempa, kita menunggu selaras semuanya relatif stabil. Gunung api yang kita lihat tren," kata Devi.

Atas permintaan Luhut, Devi mengaku berterima kasih atas perhatian mrnko kemaritiman tersebut. Kalau mencurigai pengamatan petugas bisa langsung datang ke pos pantau. Pihaknya terbuka pada berbahgi saran.

"Kalau memang data kita salah tunjukan salahnya di mana, kalau tidak akurat tunjukan tidak akuratnya di mana. Kalau ada saran kami terbuka," kata Devi.

Untuk diketahui kegempaan Gunung Agung mengalami penurunan drastis dalam 3 hari terakhir. Tapi PVMBG belum menurunkan status karena memperhatikan indikator lain selain kegempaan. Faktor lain misalnya deformasi, suhu dan citra satelit.

Menurut Devi berdasarkan pengamatan PVMBG belum bisa menurunkan status Gunung Agung. "Kalau hari ini ya belum busa diturunkan," kata Devi.

Kompas TV Kabupaten Karangasem sangat mengandalkan sektor pariwisata sebagai pendapatan asli daerah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com