Kawah Gunung Agung Menggelembung 6 Cm

Kompas.com - 21/10/2017, 11:23 WIB
Kondisi gunung Agung, Sabtu (21/10/2017) KOMPAS.com/Robinson GamarKondisi gunung Agung, Sabtu (21/10/2017)
|
EditorErlangga Djumena

KARANGASEM, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, kawah Gunung Agung mengalami penggelembungan atau inflasi setinggi 6 cm. Hal ini menurut dia, menunjukan aktivitas magma dari bawah cukup besar.

"Satu bulan terakhir terjadi penggelembungan cukup signifikan, terjadi uplift 6 cm di kawah," kata Kasbani, Sabtu (21/10/2017).

Naiknya kawah Gunung Agung tersebut diketahui melalui pantauan satelit pada 15 Oktober 2017. Selain citra satelit, PVMBG juga menggunakan GPS dan tiltmeter untuk mengukur perubahan tubuh gunung Agung. Baik kemiringan maupun penggelembungan.

Kasbini menyebutkan, penggelembungan juga terjadi pada tubuh gunung Agung yang mencapai 6 cm. Menurut dia,  dari angka 6 cm ini memang seakan-akan terlihat kecil, tetapi perubahan meliputi wilayah yang luas seluruh tubuh gunung.

Baca juga : Terbangkan Drone, BNPB Sebut Rekahan Gunung Agung Semakin Luas

"Berdasarkan analisis tiltmeter yang mengukur kemiringan dan juga GPS mengindikasikan hal yang sama dan konsisten," ujar Kasbani.

Selain itu, Gunung Agung masih menunjukan kegempaan yang sangat tinggi, dibarengi perubahan zona panas di area kawah yang semakin meluas.

Menurut dia, dari hari ke hari jumlah rekahan di Gunung Agung juga terus bertambah. "Hasil analisis terakhir mengindikasikan bahwa aktivitas Gunung Agung masih tinggi sehingga statusnya sampai hari ini adalah tetap di level awas," kata Kasbani.

Kompas TV Aktivitas kegempaan yang terpantau pos pantau Gunung Agung, pada kamis pagi ini kembali naik drastis.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X