Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Polres Kudus Tangkal Hoaks dan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Kompas.com - 20/10/2017, 12:38 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KUDUS, KOMPAS. com -  Dalam upaya menyukseskan Gerakan Indonesia Membaca, Polres Kudus, Jawa Tengah menyediakan Pojok Baca di Markas Kepolisian Resort Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning, menyebutkan, pojok baca tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan minat baca masyarakat yang masih sangat rendah.

"Dengan rajin baca bagi anggota polri dan masyarakat diharapkan wawasan dan pengetahuannya semakin bertambah," kata Agusman Gurning, Kamis (19/10/2017).

Selain menyediakan buku, Pojok Baca Polres Kudus juga menyediakan internet gratis sehingga masyarakat dan anggota Polres bisa secara langsung mengakses informasi terbaru.

Baca juga: 10 Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

"Dengan membaca, mudah mudahan masyarakat tidak akan mudah terpengaruh oleh berita hoaks di media sosial, sebab pengetahuannya makin bertambah,"ungkap orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resor Kudus ini.

Setiap jam istirahat, Pojok Baca menjadi lokasi favorit para personil Polres Kudus maupun masyarakat yang ingin menambah ilmu atau sekedar menjelajahi dunia maya.

Sementara itu, Nurul Elmi (21), salah satu warga Mejobo, Kudus, yang sedang mengurus SKCK mengaku senang dengan adanya Pojok Baca tersebut.

"Daripada jenuh menunggu, kita bisa memanfaatkan waktu untuk menambah ilmu pengetahuan di pojok baca ini," katanya.

Menurut dia, orang yang rajin membaca, keterampilannya akan berbeda dalam menghadapi masalah. "Makin banyak membaca, orang akan makin penuh solusi dan ide ide kreatif, sehingga ketrampilannya dalam memecahkan masalah semakin meningkat," kata dia.

Baca juga: Di Bawah Pohon Waru, Brigpol Kresna Ola Ajari Warga Membaca dan Menulis

Kompas TV Budaya membaca yang rendah di kalangan masyarakat menggugah sebagian orang untuk membuat beragam kegiatan demi meningkatkan kembali minat baca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com