Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKW Asal Madiun Meninggal di Taiwan

Kompas.com - 20/10/2017, 07:40 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Seorang TKI Taiwan asal Madiun bernama Endri Wiyani alias Mutiah dikabarkan telah meninggal dunia. Wanita asal Desa Bader, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun ini meninggal di salah satu rumah sakit di Taiwan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun, Wijanto Djoko ketika dikonfirmasi, Kamis ( 19 / 10 / 2017) menyatakan Mutiah meninggal Selasa ( 17/10/2017) lalu.

"Mutiah asli dari Desa Bader, Kecamatan Dolopo. Kami mendapatkan informasi meninggalnya Mutiah dari keluarganya," ujar Wijanto.

Ditanya penyebab kematian Mutiah, Wijanto mengaku belum mengetahui secara pasti. Pihaknya masih menunggu kabar dari KBRI di Taiwan tentang penyebab kematian Mutiah.

Baca juga: TKI Asal Demak Meninggal di Taiwan akibat Jatuh dari Sepeda

Mengenai status Mutiah di Taiwan, dia mengatakan belum bisa memastikan apakah legal atau ilegal. Yang diketahuinya, Mutiah berangkat ke Taiwan pada 2005. "Informasinya dia berangkat tahun 2005 dan seharusnya kembali tahun 2007. Tetapi setelah itu dia berangkat mandiri," ucap Wijanto.

Sementara mengenai waktu pemulangan jenazah Mutiah, Wijanto juga mengaku belum mengetahuinya. Karena menurut dia, pihak LP3TKI (Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Surabaya belum memberikan kabar.  Yang pasti sebutnya, seluruh biaya pemulangan jenazah Mutiah ditanggung pemerintah.

Kompas TV Santunan tunai kecelakaan kerja sebesar Rp 85 juta diberikan dengan beasiswa untuk anak almarhumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com