Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas: Indonesia Diserang Narkoba Asal China dan Belanda

Kompas.com - 19/10/2017, 16:41 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengatakan, saat ini Indonesia diserang narkoba jenis sabu dan pil ekstasi asal China dan Belanda. Narkoba tersebut masuk dengan jumlah yang tidak sedikit dan beredar luas di masyarakat.

"Ini sabu dari China, ekstasi dari Amsterdam, Belanda. Sabu ada 191 kilogram, ganja 520 kilogram dari Aceh dan ekstasi 43.450 butir. Kita musnahkan semua," kata Buwas yang datang ke Medan dalam rangka pemusnahan barang bukti narkoba, Kamis (19/10/2017).

Menurut Buwas, semua barang bukti yang dimusnahkan adalah pengungkapan operasi gabungan di wilayah Sumatera Utara. Aneka barang bukti tersebut diimpor ke Indonesia melalui jalur laut dan darat serta jasa pengiriman secara ilegal.

Saat ini, produksi ganja terbesar dari Aceh, namun sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia lainnya termasuk Papua, Sumatera Utara, Sulawesi, Jakarta dan Bogor.

"Kita semua peduli terhadap permasalahan narkotika karena mengancam generasi bangsa. Tempat hiburan menjadi lokasi strategis peredaran narkoba di Indonesia. Untuk itu, peran pemerintah daerah bekerja sama dengan BNN memberantasnya," ucap Buwas.

Kalau komitmen pemberantasan dan perang terhadap narkoba tidak dilaksanakan pemerintah daerah, aparatur negara di daerah dan masyarakat, maka narkoba akan berkembang bebas. Penyalahgunaannya semakin masif.

Baca juga: Buwas: Bandar Narkoba yang Mati Masih Kurang Banyak

Dia lalu melantik satuan tugas pemberantasan pencegahan dan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika di wilayah Sumatera Utara. Satgas ini melibatkan wali kota Medan, Binjai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, bupati Karo dan Tapanuli Selatan.

"Seluruh kepala daerah ini berkomitmen dan siap membantu BNN melakukan pencegahan, sosialiasi hingga penindakan narkoba di wilayahnya," tegas Buwas.

Baca juga: Wanita Ini Tepergok Sembunyikan Pil Narkoba di Dalam Vagina

Kompas TV Direktorat reserse narkoba Polda Kalbar menangkap 3 orang tersangka pengedar narkoba satu orang diantaranya adalah mantan anggota polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com