Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Didi Kempot Jadi Moderator Diskusi Transportasi...

Kompas.com - 15/10/2017, 22:24 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Apa jadinya jika musisi campursari, Didi Kempot, didaulat menjadi moderator sebuah dialog yang dihadiri dua menteri dan gubernur?

Ini yang terjadi saat digelar acara Dialog Nasional 4 "Sukses Indonesiaku" di Museum Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (15/10/2017) pagi.

Musisi Campursari Didi Kempot yang terkenal dengan lagu "Sewu Kutho" tampil sebagai moderator dalam acara ini. Sedangkan narasumbernya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Lagu Sewu Kutho menjadi pembuka acara yang digelar serius tapi santai ini. Serius karena yang dibicarakan adalah masalah pembangunan khususnya di Jawa Tengah dan santai lantaran disampaikan dalam acara yang informal.

Semua narasumber, kecuali Basuki kompak mengenakan blangkon seperti yang dipakai Didi Kempot. Sementara para tamu undangan, mulai dari Bupati Semarang Mundjirin, Sekda, Camat, Kepala Desa dan Lurah serta kepala OPD, tokoh masyarakat, pemuda dan warga sekitar duduk dengan cara lesehan.

Saat Didi Kempot menyanyikan lagu andalannya tersebut, ketiga narasumber juga diajak bernyanyi dan tentunya berjoget mengikuti musik campursari yang dinamis.

Tak hanya lagu Sewu Kutho, beberapa lagu lainnya antara lain "Ning Stasiun Balapan" dan Terajana juga mereka nyanyikan disela dialog tersebut.

"Ayo semua berdiri dan berjoget, pak Menteri akan memberi hadiah helm bagi yang terpilih jogetnya paling baik," kata Didi Kempot saat Basuki hendak menyanyi lagu dhangdut "Terajana".

Demi mendengar ada hadiah, para tamu undangan dan pengunjung museum tak malu-malu langsung merangsek ke depan panggung. Mereka berlomba-lomba menampilkan joget terbaiknya.

Saat para menteri tengah bernyanyi, Didi Kempot menyapu pandangannya ke arena di depan panggung untuk memilih beberapa orang dari pasukan joget yang paling heboh goyangnya.

Satu persatu mereka diminta naik ke panggung untuk bergabung bersama kedua menteri dan sang gubernur. Setelah lagu selesai, mereka diberikan hadiah masing-masing satu helm.

Tak hanya bernyanyi, Menteri PUPR Basuki juga unjuk kebolehan menabuh drum. Basuki dengan mahir berhasil mengiringi beberapa lagu cadas seperti Bento yang membuat para penonton kembali berjingkrak.

Acara Dialog Nasional 4 "Sukses Indonesiaku" ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian tradisional, marching band serta lomba mewarnai dan melukis untuk anakp-anak. Panitia juga menyediakan makan siang gratis bagi ribuan pengunjung museum kereta api Ambarawa.

"Terima kasih atas kehadirannya, hari ini memang kita mengunjungi Jawa Tengah untuk memberikan laporan kepada rakyat di Jawa Tengah, apa saja yang sudah kita lakukan dan juga kita ingin meminta masukan dari masyarakat berkaitan dengan pembangunan yang sudah dan akan kita lakukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com