Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Tol Palindra, Jokowi Minta Tahun Ini Tidak Dipungut Biaya

Kompas.com - 12/10/2017, 20:03 WIB
Kontributor Palembang, Berry Subhan Putra

Penulis

PALEMBANG,KOMPAS.com -  Peresmian sudah diresmikan Presiden Joko Widodo meresmikan tol Palembang Indralaya (Palindra), Kamis (12/11/2017) sore.  Banyak catatan khusus dari orang nomor satu di Indonesia ini untuk tol pertama di Sumatera Selatan ini.

"Perlu kontruksi khusus karena tol ini menimbun rawa. Masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Jadi, tolong jangan dipungut biaya dulu tahun ini. Saya serius," ujarnya (12/10/2017).

Jokowi mengatakan, karena menimbun rawa, jalan tol Palindra ini harus mempunyai konstruksi yang khusus. Dia meminta dalam tiga bulan ke depan semua persoalan tol ini bisa selesai.

"Saya datang ke sini ingin memotivasi. Perlu kontruksi khusus karena ini rawa-rawa. Mengapa saya datang, masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Karena ini tol pertama di Sumsel," kata Presiden.

Baca juga: Pemudik, Waspadai Hal-hal Ini Saat Melintas di Tol Palembang-Indralaya

Dia menyebutkan dengan jalan tol ini maka bisa memincu semua sektor kegiatan ekonomi di wilayah ini. "Tol ini akan memperkuat pondasi Indonesia di tingkat global. Dengan mobilitas masyarakat yang tinggi khususnya di bidang transportasi, maka kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan cepat dan baik," ucap Jokowi.

Sementara itu, Manajer Proyek Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengakui, pembebasan lahan menjadi kendala utama proyel tol Palindra. "Ya memang pembebasan lahan agak molor. Insya Allah akhir Januari (2018) rampung," ujarnya.

Saat ini menurut dia, proses penimbunan tanah juga masih berlangsung.  "Kalau beton dan aspal tol bisa tahan sampai 20 tahunan," sebut dia.

Kompas TV Jalan tol ini menghubungkan Kota Palembang ke Indralaya sepanjang 22 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com