Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Kendal Rawan Banjir dan Longsor

Kompas.com - 11/10/2017, 15:17 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 10 dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rawan banjir. Tak hanya banjir, 11 dari 20 kecamatan juga rawan longsor

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, sepuluh kecamatan rawan banjir tersebut adalah kecamatan Patebon, Kangkung, Rowosari, Kota Kendal, Gemuh, Brangsong, Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Ngampel dan Weleri.

Sedangkan 11 kecamatan yang masuk rawan longsor adalah kecamatan Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Weleri, Ngampel, Sukorejo, Patean, Pageruyung, Plantungan, Boja, Limbangan, dan Singorojo.

Sigit menjelaskan, beberapa hari ini hujan deras mulai turun. Untuk itu ia meminta masyarakat harus waspada. Ia mengimbau, masyarakat segera melapor ke petugas bila terjadi bencana, baik longsor maupun banjir. Sehingga Dengan demikian, pertolongan segera datang.

“Di tiap kecamatan, sudah ada petugas bencananya. Mereka selalu siap siaga," ujar Sigit, Rabu (11/10/2017).

(Baca juga: Perumahan Tergenang Banjir gara-gara Drainse Tersumbat Ember)

Jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal, sambung Sigit, ada 20 kecamatan. Hampir semuanya rawan bencana bila musim hujan tiba.

“Ada daerah bawah yang juga rawan longsor. Sebab ada tanggul sungai yang sewaktu-waktu hujan datang dengan derasnya, tanggul sungainya bisa longsor,” ungkapnya.

Sigit menegaskan, BPBD Kendal mempunyai 4 perahu karet, 4 tenda pengsungsi, 5 tenda dum, 2 tenda keluarga, 5 gergaji/cainsaw, 2 mobil rescue , dan 4 pompa air. 

Kompas TV Kendaraan dari Jakarta ke Bandung, tidak bergerak. Macet parah diakibatkan genangan air di badan jalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com