Partai Golkar Dukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya di Kalbar

Kompas.com - 08/10/2017, 00:05 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman saat memberikan keterangan di kantor DPD Golkar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat (7/10/2017) KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANWakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman saat memberikan keterangan di kantor DPD Golkar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat (7/10/2017)

PONTIANAK, KOMPAS.com - Partai Golkar mendukung pemekaran Provinsi Kalimantan Barat menjadi dua dengan penambahan satu provinsi baru, yaitu Kapuas Raya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman saat konferensi pers, Sabtu (7/10/2017). Konpers dilakukan untuk mengumumkan keputusan Partai Golkar yang mengusung pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan pada Pilkada Kalbar 2018.

Dukungan adanya pemekaran tersebut merupakan salah satu tahapan penjaringan terkait visi pembangunan dari kedua pasangan calon, apabila terpilih sebagai kepala daerah.

"Yang menjadi prioritas utama Partai Golkar pada kali ini adalah melakukan optimalisasi pembangunan daerah pedalaman," ucap Maman.


"Kita menyadari betul bahwa terjadi disparitas ataupun ketimpangan pembangunan antara daerah perkotaan dan pedalaman. Berdasarkan kajian kita, salah satu yang menyebabkan lambatnya pembangunan di daerah pedalaman adalah karena rentang luas wilayah di Kalimantan Barat ini sangat luar biasa besar," kata dia.

(Baca juga: Mendagri Pastikan 2017 Tidak Ada Pemekaran Daerah)

Oleh karena itu, sambung Maman, langkah yang paling utama untuk mempercepat pembangunan daerah pedalaman adalah dengan melakukan pemekaran provinsi.

"Kami melihat berdasarkan diskusi dan survei internal menindaklanjuti masing-masing kandidat, Sutarmidji dan Ria Norsan sangat berkomitmen untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah pedalaman khususnya dengan melakukan pemekaran provinsi, Kapuas Raya," ucap Maman.

Maman menambahkan, Partai Golkar melihat bahwa aspirasi masyarakat dari daerah pedalaman untuk melakukan upaya pemekaran sudah cukup tinggi. Namun, sejauh ini menurut dia, masih terkendala di tingkat provinsi.

"Aspirasi, baik itu dari anggota DPR RI maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga luar biasa dan sudah mendukung untuk pemekaran provinsi," kata Maman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X