Pilkada Kalbar, Partai Golkar Resmi Usung Sutarmidji dan Ria Norsan

Kompas.com - 07/10/2017, 15:23 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Maman Abdurrahman menunjukkan surat keputusan penetapan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Kalimantan Barat (7/10/2017) KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANWakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Maman Abdurrahman menunjukkan surat keputusan penetapan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Kalimantan Barat (7/10/2017)

PONTIANAK, KOMPAS.com - Partai Golongan Karya (Golkar) memastikan mengusung pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat dalam Pilkada Serentak 2018.

Keputusan Partai Golkar mengusung pasangan calon tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Maman Abdurahman di Kantor DPD Golkar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Sabtu (7/10/2017).

Hasil keputusan pusat tersebut, berdasarkan hasil rekomendasi dari DPD Tingkat I Partai Golkar Kalimantan Barat, terkait penjaringan pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023.

Berdasarkan rekomendasi tersebut, ujar Maman, ada beberapa nama yang diusulkan dan berdasarkan aspirasi dari bawah, serta masuk mendaftarkan diri ke Partai Golkar.

Nama yang disebut sebagai calon gubernur adalah Karolin Margret Natasa, Hildi Hamid, Sutarmidji, Ria Norsan dan Adrianus Asia Sidot. Kemudian yang mendaftarkan diri sebagai wakil gubernur yaitu Boyman Harun.

"Dasar pertimbangan dalam mengusung pasangan tersebut ada tiga tahapan yang menjadi rujukan awal," ujar Maman, Sabtu (7/10/2017) siang.

"Pertama, berdasarkan hasil survei yang dilakukan internal partai dan lembaga survei lainnya, kemudian berdasarkan track record program selama menjabat sebagai kepala daerah, dan ketiga terkait program ke depan," kata dia.

(Baca juga: Pilkada Kalbar, Partai Demokrat Prioritaskan Usung Kader)

Berdasarkan ketiga tahapan rujukan yang menjadi pertimbangan tersebut, sambung Maman, Partai Golkar melihat bahwa terkait hasil survei mendapatkan hasil berdasarkan urutan tertinggi ditempati oleh Sutarmidji dengan angka 38 persen. Kemudian Karolin dengan persentase 23 persen dan Ria Norsan dengan 16 persen.

Sedangkan untuk pendaftar lain seperti Adrianus Asia Sidot, Hildi Hamid dan Milton Crosby sebesar 3 persen hingga 5 persen dalam hasil survei Partai Golkar yang menggunakan jasa lembaga Indo Barometer.

"Berdasarkan dari hasil survei, kami melakukan seleksi terhadap tiga nama, yaitu Sutarmidji, Karolin dan Ria Norsan," ujar Maman.

Jika berpatokan pada hasil survei, jelas Maman, seharusnya tidak ada pertimbangan selain mendukung Sutarmidji dan Karolin yang menempati hasil tertinggi. Namun, Partai Golkar tidak hanya melihat berdasarkan survei saja.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X