Golkar Segera Bahas Pemilihan Gubernur Jabar dengan PDI-P - Kompas.com

Golkar Segera Bahas Pemilihan Gubernur Jabar dengan PDI-P

Kompas.com - 04/10/2017, 23:12 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi saat memberikan sambutan di hadapan seluruh kader dan pengurus partainya di seluruh Kota/Kabupaten Jawa Barat di kantornya, Selasa (26/9/2017).Kompas.com/ Irwan Nugraha Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi saat memberikan sambutan di hadapan seluruh kader dan pengurus partainya di seluruh Kota/Kabupaten Jawa Barat di kantornya, Selasa (26/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi menyatakan, pihaknya akan segera melakukan pembicaraan dengan PDI-P terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2017), Dedi mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan waktu yang pas untuk melakukan pertemuan dengan PDI-P.

"Selasa rencananya. Masih komunikasi masalah waktu, biar klop jadwal PDI-P dan Golkar," kata Dedi melalui sambungan telepon.

Menurut Dedi, sebelumnya, pembicaraan Golkar dengan PDI-P di DPP adalah terkait materi koalisi calon bupati dan wali kota di Jawa Barat. Golkar dan PDI-P memilih calon-calon bupati atau wali kota yang cocok untuk disandingkan.

"Waktu itu belum biacara gubernur. Hari ini mulai bicara pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur," kata dia.

Lanjut Dedi, keputusan PDI-P terkait pencalonan di Pilkada Jawa Barat ditentukan oleh DPP. Kendati demikian, pihaknya juga tetap harus menghargai DPD I PDI-P Jawa Barat. Oleh karena itu, nantinya Golkar akan menemui DPD PDI-P Jawa Barat untuk datang bersama-sama ke DPP PDI-P.

"Saya sangat mengedepankan etika politik," tandas bupati Purwakarta dua periode ini.

Adapun materi pembicaraan, kata Dedi, nantinya terkait nama-nama yang akan diusung PDI-P.

"Kemudian nanti kita bersama akan membuat simulasi. Simulasi itu berdasarkan riset.
Walaupun pada akhirnya, sepenuhnya seluruh keputusan ada di tangan DPP (PDI-P)," ujar Dedi.

Baca juga: Pilkada Jabar, Golkar Tugaskan Dedi Mulyadi Cari Pasangan dan Koalisi

Sementara dari PDI-P sendiri terdapat nama-nama yang santer dicalonkan untuk Pilkada Jawa Barat. Mereka antara lain Puti Guntur Soekarno, Rieke Diah Pitaloka, TB Hasanuddin, Abdi Yohana, dan Sutrisno (bupati Majalengka).

Sebelumnya, Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa partainya bisa mengusung sendiri Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Baca juga: Golkar Belum Jelas, PDI-P Tegaskan Bisa Sendiri Usung Dedi Mulyadi

Sebab, PDI-P mengantongi 20 persen kursi DPRD Jawa Barat. Angka ini memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri.

"PDI-P di Jabar kan bisa usung sendiri. Kami punya kursi 20 sehingga kami bisa usung sendiri karena rakyat beri kepercayaan kami," kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Diponegoro, Jakarta, Sabtu (30/9/2017).

Pernyataan Hasto ini untuk menanggapi sikap DPP Partai Golkar yang belum kunjung jelas akan mengusung Dedi Mulyadi. Padahal, Partai Golkar dan PDI-P sudah sejak lama membangun koalisi untuk mengusung ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat itu.

Kompas TV Beredar Surat DPP Golkar, Ini Kata Dedi Mulyadi


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFarid Assifa
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X