Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah

Kompas.com - 02/10/2017, 14:55 WIB

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan jalan tol dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah di Kabupaten Serdang Bedagai pada 10 Oktober 2017.

"Rencananya akan diresmikan 10 Oktober ini. Namun masih tentatif waktunya, kita tunggu saja," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desy Arryani dalam Festival Jalan Tol di gerbang tol Bandara Kualanamu, Minggu (2/10/2017).

Menurut dia, ruas jalan tol dengan rute dari Bandara Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah itu merupakan jalan tol terpanjang di Sumatera, bahkan terpanjang di luar Pulau Jawa. Panjangnya mencapai 42 km.

Jumlahnya akan semakin panjang jika pembangunan Seksi 1 dari Tanjung Morawa dan Seksi 7 dari Sei Rampah menuju Tebing Tinggi selesai.

Jika seluruh ruas tersebut dapat diselesaikan, maka panjang jalan tol tersebut akan mencapai 61,2 km dan akak terkoneksi dengan tol Belawan, Medan, dan Tanjung Morawa (Belmera).

"Rencananya jalan tol Medan-Kualanamu-Lubuk Pakam-Sei Rampah sampai Tebing Tinggi itu akan diresmikan pada kuartal III tahun 2018," kata Desy.

(Baca juga: Bawa Sabu di Dubur, Artis Malaysia Ditangkap di Bandara Kualanamu)

Direktur Utama PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto mengatakan, saat ini ada beberapa kendala yang dialami dalam penyelesaian pembangunan Seksi 1 dan Seksi 7 itu yakni pembebasan lahan.

Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pembebasam lahan itu, seperti melakukan pendekatan ke masyarakat dan menempuh upaya konsinyasi.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Jasa Marga Persero Tbk Agus Setiawan menyatakan, pihaknya sengaja menggelar Festival Jalan Tol menjelang operasional dan peresmian yang rencananya akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Festival tersebut sengaja dilakukan untuk mengajak masyarakat agar dapat melihat langsung jalan tol sebelum diresmikan.

Festival yang dipusatkan di gerbang tol Bandara Kualanamu meliputi jalan santai (fun walk) dengan jarak 5 km, serta sepeda santai (fun bike) dengan jarak bervariasi, yakni 15 km, 45 km, dan 85 km.

Selain panggung hiburan dan lucky draw dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor, pihaknya menyediakan jajanan khas Medan, seperti bakso Medan, gratis untuk peserta.

 

 

Kompas TV Selundupkan Sabu, Artis Asal Malaysia Ini Diringkus
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com