Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman di Bandara Adisutjipto Pakai Bahasa Jawa

Kompas.com - 01/10/2017, 12:36 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang lain di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Sudah sekitar dua bulan ini pengumuman keberangkatan pesawat tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, tetapi juga menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu di Yogyakarta.

"Kira-kira sudah dua bulan ini. Di sini kan banyak juga penumpang orang tua, seperti dari Kulon Progo yang mungkin cuma bisa bahasa Jawa," ujar Gregorius Willy Joetanto, petugas Angkasa Pura Bandara Adisutjipto, Minggu (1/10/2017).

Pengumuman dalam versi bahasa Jawa diucapkan setelah pengumuman menggunakan bahasa Indonesia, kemudian disusul bahasa Inggris.

Joetanto menambahkan, selain untuk memudahkan informasi bagi penumpang dari Yogyakarta dan sekitarnya. Pengumuman dengan bahasa Jawa juga untuk menonjolkan ciri khas Yogyakarta.

Inilah salah satu kutipan pengumuman terakhir bagi penumpang yang diucapkan dalam bahasa Jawa di Bandara Adisutjipto.

"Nyuwun kawigatosipun. Ngaturaken pamengkasan kagem penumpang Citilink ingkang nomer penerbangan QG setunggal nol gangsal (105) tujuan Jakarta. Para penumpang kasumanggaaken enggal-enggal minggah motor mabur. Matur nuwun."

Artinya begini, "Mohon perhatian. Diberitahukan untuk terakhir kali kepada penumpang Citilink nomor penerbangan QG 105 tujuan Jakarta. Para penumpang dipersilakan segera naik ke pesawat. Terima kasih."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com