Pengumuman di Bandara Adisutjipto Pakai Bahasa Jawa - Kompas.com

Pengumuman di Bandara Adisutjipto Pakai Bahasa Jawa

Kompas.com - 01/10/2017, 12:36 WIB
Suasana Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (1/10/2017). Sudah dua bulan ini bandara tersebut dilengkapi dengan pengumuman yang disiarkan dalam bahasa Jawa untuk penumpang.HERMAN Suasana Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (1/10/2017). Sudah dua bulan ini bandara tersebut dilengkapi dengan pengumuman yang disiarkan dalam bahasa Jawa untuk penumpang.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang lain di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Sudah sekitar dua bulan ini pengumuman keberangkatan pesawat tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, tetapi juga menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu di Yogyakarta.

"Kira-kira sudah dua bulan ini. Di sini kan banyak juga penumpang orang tua, seperti dari Kulon Progo yang mungkin cuma bisa bahasa Jawa," ujar Gregorius Willy Joetanto, petugas Angkasa Pura Bandara Adisutjipto, Minggu (1/10/2017).

Pengumuman dalam versi bahasa Jawa diucapkan setelah pengumuman menggunakan bahasa Indonesia, kemudian disusul bahasa Inggris.

Joetanto menambahkan, selain untuk memudahkan informasi bagi penumpang dari Yogyakarta dan sekitarnya. Pengumuman dengan bahasa Jawa juga untuk menonjolkan ciri khas Yogyakarta.

Inilah salah satu kutipan pengumuman terakhir bagi penumpang yang diucapkan dalam bahasa Jawa di Bandara Adisutjipto.

"Nyuwun kawigatosipun. Ngaturaken pamengkasan kagem penumpang Citilink ingkang nomer penerbangan QG setunggal nol gangsal (105) tujuan Jakarta. Para penumpang kasumanggaaken enggal-enggal minggah motor mabur. Matur nuwun."

Artinya begini, "Mohon perhatian. Diberitahukan untuk terakhir kali kepada penumpang Citilink nomor penerbangan QG 105 tujuan Jakarta. Para penumpang dipersilakan segera naik ke pesawat. Terima kasih."


EditorLaksono Hari Wiwoho
Komentar
Close Ads X