"Pak Ganjar, Minta Sepedanya Pak..."

Kompas.com - 27/09/2017, 21:09 WIB
David Oliver Purba

Penulis

PEMALANG, KOMPAS.com - Keramaian terlihat saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi SMKN 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (27/9/2017).

Ia datang memberikan materi motivasi kepada siswa-siswi, sebagai bagian dari program Gubernur Mengajar yang telah dilaksanakannya sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 2013.

Setelahnya, Ganjar memberikan pertanyaan kepada sejumlah siswa dan siswi yang hadir di dalam aula sekolah tersebut.

Namun, saat menyampaikan pertanyaan, tiba-tiba sejumlah siswa nyeletuk agar Ganjar memberikan sepeda sebagai hadiah bagi yang bisa menjawab.

"Pak Ganjar minta sepeda, Pak," teriak seorang siswa, diikuti tawa siswa-siswa lainnya.

Mendengar celetukan itu, Ganjar bergurau bahwa sepeda yang akan dijadikan hadiah telah habis diborong Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun dalam sejumlah kunjungannya ke daerah, Jokowi kerap memberikan sejumlah sepeda bagi siapa saja yang bisa menjawab pertanyaannya.

"Ha, minta sepeda? Sepedanya sudah diborong Pak Presiden, he-he-he," ujar Ganjar.

Dalam setiap kegiatan Gubernur Mengajar, Ganjar memang kerap memberikan pertanyaan atau bahkan tantangan bagi pelajar yang berani tampil. Ia pun kerap memberikan hadiah.

Namun, tak seperti Jokowi yang ngetren dengan bagi-bagi sepeda, Ganjar  memberikan hadiah seperti buku, kaos, dan bola.

Meski demikian, kali ini Ganjar memberikan laptop. Perangkat elektronik tersebut menjadi hadiah bagi seorang siswa bernama Eden.

Sebelumnya, Ganjar menantang Eden untuk bercerita tentang kegiatan sekolahnya menggunakan bahasa Inggris. Padahal, Eden merupakan siswa jurusan audio video yang mengikuti klub bahasa Inggris "kecil-kecilan" di sekolahnya.

"Saya bukan melihat tata bahasa waktu dia menyampaikan benar atau tidak, tetapi yang saya lihat adalah keberaniannya," ujar Ganjar.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com