Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Jabar Sebut Koalisi dengan PKS di Pilkada Jawa Barat Kemungkinan Besar Bubar

Kompas.com - 27/09/2017, 15:17 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Derah (DPD) Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi mengomentari langkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggandeng Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai mitra koalisi baru untuk menyongsong Pilkada Jawa Barat 2018. 

Saat ini, koalisi PKS dan Partai Gerindra mulai retak karena masih dalam polemik berkepanjangan pasca-penarikan dukungan dari pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu. 

"Langkah PKS buat Gerindra Jabar sangat kontraproduktif untuk memperbaiki kerja sama dan kami anggap tidak memiliki etika dalam kemungkinan koalisi," kata Mulyadi melalui ponselnya, Rabu (27/9/2017).

Mulyadi menambahkan, DPD Partai Gerindra Jabar seolah diacuhkan oleh PKS yang seharusnya lebih intens menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra untuk menyelesaikan polemik. 

"Karena bisa by pass ke pusat, keberadaan Gerindra di daerah tidak dianggap. Padahal Pak Prabowo sudah menegaskan bahwa untuk Pilgub Jabar beliau akan mendengarkan rekomendasi Gerindra Jabar. Tapi ini malah mendahulukan ketemu DPW PAN Jabar," ungkapnya. 

Dengan kondisi demikian, Mulyadi menegaskan bahwa koalisi Partai Gerindra dan PKS kemungkinan besar bakal bubar di tengah jalan.

"Sangat kecil untuk lanjut (koalisi). Langkah ini akan mempertegas sikap untuk mencabut pernyataan dukungan yang diskenariokan PKS," tandasnya.

Baca juga: PKS Gandeng PAN di Pilkada Jabar, Gerindra Merasa "Dicuekin"

Diberitakan sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjalin koalisi bersama Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menyongsong Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu mengatakan, komitmen koalisi antara PKS dan PAN dijalin oleh para petinggi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yakni Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Sudah dari beberapa pekan lalu di DPP," kata Syaikhu saat dihubungi melalui ponselnya, Rabu (27/9/2017).

Syaikhu menambahkan, koalisi antara PKS dan PAN telah diketahui oleh Partai Gerindra. Menurut dia, Partai Gerindra sampai saat ini masih menjadi mitra koalisi abadi meski antara kedua partai terjadi polemik berkepanjangan.

"Gerindra tetap koalisi utama. Kita ingin memperkokoh kemenangan," ujarnya.

Baca juga: Selesaikan Polemik, PKS Minta Duduk Bersama dengan Gerindra 

Selain membahas tentang pilkada di beberapa kabupaten kota, PKS dan PAN juga fokus menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

"Berlanjut di Pilgub karena justru itu yang kita bicarakan. Bisa jadi dengan partai lain kita jajaki dan memungkinkan untuk membangun kolisi bersama, cuma yang memungkinkan baru dengan PAN," tandasnya.

Kompas TV Gerindra-PKS Usung Dedy Mizwar di Pilgub Jabar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com