Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa, Kader Golkar Jabar Kumpulkan Koin untuk DPP

Kompas.com - 26/09/2017, 15:49 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ratusan kader dan pengurus Partai Golkar mulai tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota seluruh Jawa Barat melakukan aksi menggugat sikap pengurus pusat partainya yang dinilai lambat mengeluarkan surat rekomendasi pencalonan untuk Pilkada Jawa Barat.

Mereka mengaku kecewa dengan telah beredarnya surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Umum Setya Novanto dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham tentang dukungan Golkar ke Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien.

"Kita berkumpul di sini untuk menyatakan sikap bahwa seluruh kader dan pengurus Jawa Barat hanya mendukung Ketua Golkar Jabar Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur," terang Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi DPD Golkar Jabar, Farid Farhan, saat berorasi di depan semua kader di depan kantor Golkar Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (26/9/2017).

Para kader dan pengurus yang berdatangan ke kantor Golkar Jabar sejak pagi tadi menilai bahwa aksi ini demi menyelamatkan nama besar Partai Golkar di Jawa Barat. Soalnya, dalam sebuah mekanisme pengajuan sosok calon gubernur sudah disepakati melalui Rapimda Golkar Jabar di Karawang beberapa waktu lalu mendukung Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur Jabar.

Selain itu, dalam hasil rapat pleno DPP Golkar yang dihadiri Nurdin Halid, Idrus Marham dan Nusron Wahid, telah muncul nama Dedi Mulyadi sebagai calon dari Golkar untuk Pilkada Jabar.

"Belum munculnya surat rekomendasinya ini yang membuat kami curiga bahwa ada upaya transaksional demi surat tersebut. Kami pun berupaya di sini mengumpulkan koin untuk menyelamatkan Partai Golkar Jabar untuk diberikan ke Setya Novanto dan Idrus Marham," tambah dia.

Baca juga: Massa Kader Golkar di Jabar Unjuk Rasa Tolak Dukung Ridwan Kamil

Para kader pun bersepakat akan mendatangi kantor DPP Golkar di Jakarta jika pernyataan sikap ini tak segera ditanggapi oleh pusat. Bahkan mereka akan membawa tenda secara bersama-sama dengan jumlah yang lebih banyak untuk menginap demi menyelamatkan partainya.

"Kita sepakat kalau sampai pernyataan sikap ini tak segera ditanggapi akan segera datang ke kantor DPP di Jakarta untuk mendirikan tenda," tambahnya.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara mengatakan, aksi ini adalah spontanitas para kader dan semua pengurus Golkar Jabar tentang kondisi partai di kepengurusan pusat. Mereka bahkan siap memberikan stempel darah yang akan diserahkan kepada DPP demi mendukung kader terbaik Golkar Jabar Dedi Mulyadi.

"Aksi ini sebagai upaya penyelamatan partai dari para kader seluruh Jabar. Mereka pun siap membuat stempel darah sebagai bukti dukungan dari kader Golkar Jabar yang solid," tandasnya.

Baca juga: Golkar Laporkan Surat Dukungan Palsu untuk Ridwan Kamil Ke Polda Jabar

Para kader dan pengurus Golkar Jabar yang membawa atribut #Save Golkar Jabar, terus menggelar aksinya meski sempat diguyur hujan. Tak lama kemudian, Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi yang datang ke lokasi memerintahkan semuanya untuk memasuki ruangan lantai dua kantor tersebut untuk menggelat rapat akbar. Sampai saat ini rapat masih berlangsung.

Kompas TV Beredar Surat DPP Golkar, Ini Kata Dedi Mulyadi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com