Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taxiway Bandara Sultan Hasanuddin Amblas, Tiga Penerbangan Tertunda

Kompas.com - 25/09/2017, 18:28 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Taxiway atau jalan penghubung dengan landasan pacu di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar mengalami amblas, Senin (25/9/2017), sekitar pukul 17.00 Wita. Akibatnya, 3 pesawat yang hendak take-off batal melakukan penerbangan.

General Manager (GM) Angkasa Pura (AP) 1 Makassar, Cecep Marga Sonjaya yang dikonfirmasi membenarkan amblasnya taxiway di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Dalam insiden itu, pesawat yang hendak take-off dialihkan ke taxiway di runway 21.

"Memang benar taxiway WP runway 03 menurun lebih kurang 7 cm. Kejadian tersebut sempat menunda penerbangan SJ593 lebih kurang 1 jam dan lanjut terbang, sedang pesawat yang antre di taxiway WP kembali ke Apron untuk refueling yaitu GIA Bombardir, Wing Air dan Sriwijaya," katanya.

(Baca juga: Kecelakaan Maut di Poros Bandara Hasanuddin, Satu Orang Tewas)

Atas insiden itu, lanjut Cecep, AP I telah berkoordinasi dengan AirNav agar penerbangan menggunakan runway 21.

"Belum diketahui penyebab taxiway pengalami penurunan. Insiden ini juga hanya mengganggu 3 penerbangan dan sekarang kembali lancar. Tidak ada korban jiwa maupun luka, begitu juga kerugian berarti yang ditimbulkan," tuturnya.

 

Kompas TV Ia menggelar rapat koordinasi mengantisipasi gangguan penerbangan akibat semburan debu vulkanis gunung Agung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com