Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Temukan Artefak Kepala Naga di Gunung Lalakon

Kompas.com - 19/09/2017, 22:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Warga Cipatik, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menemukan sebuah artefak batu yang diduga benda peninggalan purbakala di Kawasan bukit Gunung Lalakon, Kabupaten Bandung.

Artefak yang berupa seperti kepala naga berbelalai itu kini telah diselamatkan dan disimpan di Museum Sri Baduga, Kota Bandung.

Penanggung Jawab Koleksi Arkeologi Museum Sri Baduga, Romulo M Hum, mengatakan, benda yang diduga peninggalan purbakala ini ditemukan oleh dua orang warga .

Setelah mendapat laporan dari warga tersebut, empat orang dari Museum Sri Baduga datang untuk mengamankan benda berbentuk kepala naga berbelalai itu.

Baca juga: Ditemukan Artefak Mirip Kujang di Situs Gunung Padang

"Kami masih mengamankan benda ini. Kami belum bisa memastikan peninggalan purbakala atau bukan, karena belum diteliti. Tapi dilihat dari ornamennya terlihat benda purbakala," ujar Romulo M Hum di Museum Sribaduga, Jalan BKR No 185, Senin (18/9/2017).

Artefak yang memiliki panjang 105 centimeter, diameter 15 centimeter, dan berat sekira 30 kilogram itu ditemukan pada 15 Agustus 2017.

Adapun tempat penemuannya di area pemakaman lama yang berlokasi di bukit Gunung Lalakon yang berjarak sekitar 200 meter dari area permukiman dan tidak jauh dari aktivitas proyek pembangunan Tol Soroja.

Romulo mengatakan, warga menemukan benda tersebut di atas tanah dengan dipenuhi tanah liat dan bukan merupakan hasil galian. Benda itu langsung dicuci bersih oleh warga yang menemukannya. Hal ini menurut Romulu, menyulitkan proses penelitian karena tanah yang memenuhi artefak tersebut bisa ditelilti. (Tribun Jabar/Putri Puspita)

Berita ini sudah tayang di Tribun Jabar dengan judul Temuan Batu Aneh Bentuk Kepala Gajah dan Berbadan Naga Diamankan di Museum Sri Baduga

Kompas TV Bung Karno Ditahan Selama 12 Hari di Rumah Pengasingan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com