Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Warga Sekitar Gunung Agung Prioritaskan Kelompok Rentan

Kompas.com - 19/09/2017, 17:28 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali telah menyiapkan sejumlah titik untuk mengevakuasi warga di sekitar Gunung Agung, Karangasem, Bali pada Selasa (19/9/2017).

Hal ini dilakukan menyusul naiknya status Gunung Agung dari waspada menjadi siaga pada Senin (18/9/2017) malam.

Kepala BPBD Bali, Dewa Made Indra mengatakan, proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Tahapan pertama, BPBD memprioritaskan kelompok rentan seperti warga lanjut usia, balita, dan penyandang disabilitas. 

Sedangkan warga lainnya dinilai belum diperlu dievakuasi. "Prioritas evakuasi pada kelompok rentan, orangtua, ibu hamil, dan balita," ujar Indra saat ditemui di pos pemantau Gunung Agung, Desa Rendang, Selasa (19/9/2017).

(Baca juga: Gunung Agung Siaga, BPBD Siapkan Pengungsian)

Kelompok ini, sambung Indra, diprioritaskan karena dalam situasi genting pergerakannya cukup lambat dalam merespons situasi. Berbeda dengan kelompok warga lain yang bisa langsung bergerak saat ada imbauan untuk mengungsi.

Indra mengungkapkan, evakuasi total belum dilakukan. Pihaknya mempertimbangkan kondisi Gunung Agung. Walau berstatus siaga, gunung tersebut belum menunjukkan akivitas berbahaya.

BPBD juga memberi kesempatan kepada warga untuk mengurus harta benda dan ternak selagi kondisi belum genting.

BPBD sendiri telah menyiapkan titik pengungsian bagi 6 desa yang terletak di kawasan rawan bencana (KRB) 3 Gunung Agung, Karangasem, Bali. KRB 3 adalah kawasan dengan radius 6 km dari puncak Gunung Agung. 

Kompas TV Status Gunung Agung ditingkatkan ke level III sejak Senin (18/9) malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com