Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Siaga, BPBD Siapkan Pengungsian

Kompas.com - 19/09/2017, 17:22 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Dewa Made Indra mengatakan, pihaknya telah menyiapkan bebeapa titik pengungsian bagi desa-desa yang terletak di kwwasan rawan Bencana (KRB) 3 Gunung Agung, Karangasem, Bali. KRB 3 adalah kawasan dengan radius 6 km dari puncak Gunung Agung.

"Sudah disiapkan 6 titik untuk 6 desa yang masuk KRB 3, sore ini kita akan pasang tenda di sana dan lengkapi fasilitas di sana," kata Indra saat ditemui di Pos Pemantau Gunung Agung di Desa Rendang Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (19/9/2017).

Selain tenda, BPBD Juga memanfaatkan balai banjar dan fasilitas umum lain yang bisa digunakan untuk menampung warga. "Sore ini kita lengkapi semuanya sesuai kebutuhan," kata Indra.

Adapun titik pengungsian tersebut yakni warga Desa Jungutan dievakuasi ke Lapangan Putung Desa Pempatan, Rendang. Kemudian warga Desa Buana Giri dievakuasi ke Lapangan Nyuh Tebel, Amed, Karangasem.

Baca juga: Berita Foto: Situasi Terbaru Pemantauan Gunung Agung setelah Status Siaga

Sementara itu warga Desa Sebudi dan Besakih dievakuasi ke Lapangan Werdhi Yowana Desa Rendang, Kecamatan Rendang. Warga Desa Dukuh dievakuasi ke Banjar Muntiq Gunung, Kecamatan Kubu, Karangasem. Kemudian warga desa Ban dievakuasi ke Kawasan Kertha Mandala, Kubu, Karangasem.

Kompas TV Status Gunung Agung ditingkatkan ke level III sejak Senin (18/9) malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com