Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Indonesia-AS Latihan Bersama di Sukabumi

Kompas.com - 18/09/2017, 15:00 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menggelar latihan bersama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) dengan tajuk Garuda Shield 11/2017 di Sukabumi, Jawa Barat.

Latihan bersama ini melibatkan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI AD dengan US Army Pacific (USARPAC) yang berkedudukan di Hawaii. Latihan ini diikuti 732 personel TNI AD dan 342 tentara AS.

Kepala Staf Divisi Infanteri 1-Kostrad, Brigjen (inf) Joko Putranto mengatakan, latihan digelar di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Senin-Jumat (18-29/9/2017).

"Latihan ini digelar dalam rangka menjalankan misi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), modul latihannya standar umum PBB," ungkapnya seusai membuka latihan bersama TNI AD dengan US Army di Lapangan Yonif 310/Kidang Kancana, Cikembar, Sukabumi, Senin (18/9/2017).

(Baca juga: Indonesia-Singapura Gelar Latihan Bersama Peringati 50 Tahun Keja Sama Militer)

Menurut dia, jika nanti mendapat tugas dengan misi PBB ke suatu daerah atau negara yang sedang konflik, pasukan kedua negara ini sudah memahami peraturan yang menjadi protokol yang dibuat PBB.

"Kita dengan US Army berlatih seperti menghadapi situasi yang kira-kira digambarkan akan mirip bila ditugaskan di suatu daerah dengan membawa misi PBB," ucapnya.

Dalam latihan bersama ini, kedua militer membawa alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Tentara AS di antaranya membawa helikopter black hawk dan apache. Sedangkan TNI AD salah satunya menyiapkan B0 105.

Setelah pembukaan Garuda Shield 11/2017 ini, seluruh pasukan kedua negara menuju daerah latihan Kostrad di Cibenda, Kecamatan Ciemas. Mereka menumpangi sejumlah truk dan helikopter.

Kompas TV Militer Tiongkok Gelar Latihan Tempur Bersama Militer Rusia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com