Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, 404 Bangunan Ditertibkan

Kompas.com - 18/09/2017, 14:20 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 404 bangunan seluas 33.368 meter persegi yang berada di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasional 2, sudah ditertibkan. Penertiban tersebut berkaitan dengan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

“Untuk KCIC (Jakarta-Bandung) ini kita mendapat tugas menertibkan 404 bangunan di tujuh titik. Rata-rata bangunannya berada di samping rel,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Joni menjelaskan, ketujuh titik itu berada di Ciganea, Rancaekek, Kertamulya, Kertajaya, Mekarsari, Cilame, dan Cibangkong. Waktu yang dibutuhkan untuk menertibkan bangunan di tujuh titik tersebut selama satu tahun.

Dari tujuh titik itu, daerah paling luas berada di Mekarsari, terdiri dari 159 bangunan dengan luas 17.866 meter persegi. Warga Mekarsari awalnya menolak penertiban. Namun akhirnya menyetujui.

(Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Beroperasi pada 2020)

Sedangkan penertiban di tempat lain nyaris tidak ada perlawanan. Setiap bangunan yang digusur mendapat ganti rugi berupa uang kerahiman dengan nilai tertentu.

“Tugas kita untuk menertibkan sudah selesai. Selanjutnya seperti apa, kewenangannya ada di pusat, Daop 2 hanya bertugas menertibkan bangunan tersebut,” tuturnya. 

Kompas TV Wijaya Karya Kurangi Saham Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com