Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT ke-72 TNI, Kopassus Bedah Rumah Ibu Mamah di Sukabumi

Kompas.com - 18/09/2017, 11:29 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD menggelar aksi bedah rumah seorang warga Sukabumi Ibu Mamah (64) di Kampung Ciraksamala, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan.

Aksi ini digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI.

Tidak hanya bedah rumah, pada kegiatan bakti sosial dan karya bakti tersebut juga dilakukan pengobatan gratis bagi 2.000 warga, pembangunan sarana MCK sebanyak 12 desa dan pembagian sembako sebanyak 3.000 paket.

Selain itu, pengobatan gratis yang melibatkan 16 dokter poli umum dan poli gigi serta 5 apoteker dari Kopassus.

Ribuan warga yang mengikuti pengobatan gratis terlihat antusias. Sejumlah pos kesehatan yang disediakan terlihat dijejali warga yang antre ingin berobat.

Penyerahan secara simbolis bantuan dilakukan dalam pelaksanaan upacara penutupan latihan pertempuran hutan TNI AD Gelombang-III TA.2017, latihan pembebasan sandera Sat-81 Kopassus dan kegiatan Bakti Sosial, Minggu (17/9/2017).

Dalam amanatnya, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni menyampaikan bahwa kegiatan upacara penutupan latihan kali ini sengaja dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial sebagai wujud nyata pengabdian Kopassus kepada masyarakat.

Sukabumi dipilih sebagai lokasi karena salah satu daerah latihan Kopassus yang memiliki nilai strategis.

“Kami menyadari bahwa pemberian bantuan ini belum sepenuhnya bisa menjangkau harapan kita semua," kata Madsuni dalam keterangan pers, Senin (18/9/2017).

"Namun demikian, melalui kegiatan semacam ini diharapkan dapat memotivasi seluruh komponen masyarakat agar ikut peduli dan berperan serta dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat, sehingga setiap anak bangsa dapat saling berbagi dan saling mengasihi," tambahnya.

Diakhir amanatnya, Madsuni mengucapkan selamat bertugas dan selamat kembali ke satuan masing-masing kepada para prajurit Kopassus yang tergabung dalam peserta latihan.

Kepada warga masyarakat, ia berharap kegiatan bakti sosial dan karya bakti ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Upacara penutupan latihan dan kegiatan bakti sosial juga dimeriahkan dengan aksi demonstrasi para penerjun free fall Kopassus, pertunjukan tarian Lengser dan tarian Merak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com