Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon dari Singapura, SBY Sapa Masyarakat dan Kader Demokrat Kalbar

Kompas.com - 17/09/2017, 22:28 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyapa ribuan warga, serta kader dan simpatisan Demokrat di Kalimantan Barat melalui sambungan telepon, Minggu (17/9/2017).

SBY menelepon melalui sambungan internasional dari Singapura kepada warga, serta kader dan simpatisan Partai Demokrat seusai pelantikan Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar.

Acara itu sendiri dimeriahkan dengan kegiatan Jalan Sehat yang diikuti ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Kalbar yang dipusatkan di Stadion Kridasana Singkawang. Bahkan, menurut laporan panitia, tiket jalan sehat yang berjumlah 40.000 itu ludes.

Kegiatan jalan sehat dengan berbagai hadiah tersebut merupakan rangkaian peringatan ulang tahun ke-16 Partai Demokrat yang dilakukan bersamaan dengan pelantikan.

"Saya senang sekali, saya bersyukur dan bangga, punya semangat dari kader Demokrat dan saudara-saudaranya rakyat Indonesia yang ada di Kalimantan Barat," ujar SBY, seperti yang terdengar dari telepon genggam yang dipegang Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan yang terhubung dengan pengeras suara.

"Semoga semangat ini bisa mengubah Kalimantan Barat, mengubah Indonesia, menjadi provinsi yang lebih maju yang lebih sejahtera, yang lebih tampil dan membawa manfaat bagi seluruh nya," ucap SBY.

(Baca juga: Hinca Panjaitan: Masih Ingat Program Pak SBY?)

Sebagai salah satu komponen bangsa Indonesia, sambung SBY, Partai Demokrat mempunyai cita-cita luhur untuk membangun negeri serta meningkatkan kesejahteraan.

"Demokrat juga ingin sukses dalam pilkada dan pemilu mendatang," ucap SBY yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

"Saya senang mendengar semangat dan teriakannya," kata Presiden keenam RI itu.

SBY menambahkan, ada beberapa syarat jika Partai Demokrat ingin meraih kesuksesan pemilu dan pilkda. salah satunya adalah lebih fokus dengan kebutuhan rakyat.

"Sukses itu tidak datang dari langit. Sukses itu harus kita ikhtiarkan, kita upayakan, agar dapat kita capai. Banyak teori, banyak cara agar Partai Demokrat sukses, tetapi menurut saya paling penting, Demokrat harus lebih fokus dengan rakyat, Demokrat harus lebih sering mendengar harapan rakyat, aspirasi rakyat. Itu yang membedakan dengan yang lain," ucap SBY.

Partai Demokrat, menurut SBY juga harus memberikan solusi dan ikut memikirkan kesusahan rakyat, seperti misalnya kesusahan lapangan pekerjaan yang harus bisa diatasi oleh partai.

"Kalau daya beli rakyat sedang susah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Demokrat ikut mengatasinya. Kalau keadilan belum merata, Demokrat ikut memperjuangkannya. Kalau penegakan hukum juga masih ada tebang pilihnya, kita berjuang agar penegakan hukum adil," kata SBY.

Terkait dengan penanganan korupsi, SBY menegaskan bahwa Partai Demokrat justru memberikan dukungan kepada KPK. Menurut SBY, jangan sampai ada yang ingin membubarkan, apalagi membekukan KPK.

"Kalau Demokrat bersama rakyat, mendengar kan suara rakyat, memperjuangkan harapan rakyat, maka dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa, Demokrat akan meraih kemenangan di masa mendatang. Itu resepnya, itu caranya, itu jalan yang harus ditempuh," kata SBY.

Kompas TV Partai Demokrat Gelar Upacara Bendera di Puri Cikeas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com