Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Gerindra Tak Buka Pendaftaran Cagub Jawa Timur

Kompas.com - 17/09/2017, 17:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Gerindra memastikan tidak akan membuka pendaftaran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur untuk pilkada 2018. Partai ini sudah menetapkan empat nama cagub Jawa Timur yang saat ini sedang digodok.

"Saya kira sudah tidak perlu membuka pendaftaran karena kami sudah menetapkan empat  nama cagub Jatim (Jawa Timur) yang saat ini sedang kami kaji popularitas dan elektabilitasnya," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Supriyatno, Minggu (17/9/2017).

Keempat nama cagub Jawa Timur yang dimaksud adalah Khofifah Indar Parawansah (Menteri Sosial), Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), La Nyalla Matalitti (Ketua Kadin Jatim), dan Muhammad Nuh (Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan).

Menurut anggota komisi XI DPR itu, selain mengkaji dan menggodok keempat nama cagub tersebut, Partai Gerindra juga menjalin komunikasi politik dengan partai-partai lainnya untuk rencana koalisi.

Baca juga: Ikuti Pilihan Kiai, PKS Mungkin Dukung Gus Ipul di Pilkada Jatim

"Ada beberapa partai yang sudah menjalin komunikasi, antara lain PKS," kata dia.

Pihaknya berjanji, sekitar awal Oktober nanti akan mengumumkan siapa nama pasangan cagub dan cawagub Jawa Timur yang akan diusung Partai Gerindra.

"Pokoknya nanti Partai Gerindra akan memberikan kejutan, tunggu saja," ucapnya.

Partai Gerindra memiliki 13 kursi di DPRD Jawa Timur. Partai yang diketuai Prabowo Subianto itu, pada pemilu legislatif 2014 menjadi pemenang ketiga di Jawa Timur setelah PKB dengan 20 kursi, dan PDIP dengan 19 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com